POPULAR STORIES

Pakai Mobil Listrik Gak Lagi Khawatir, Bisa Isi Baterai Di Rest Area

Pakai Mobil Listrik Gak Lagi Khawatir, Bisa Isi Baterai di Rest Area Atasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Dalam rangka mendukung masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik, pemerintah dan swasta menyediakan fasilitaspengisian baterai atau yang biasa disebur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Bahkan, SPKLU pun dibuat di rest area jalan tol, demi memberi kemudahan pengguna mobil listrik yang menuju luar kota menggunakan jalan bebas hambatan.

Hal itu yang dilakukan PT Jasamarga Related Business (JMRB) dan Verywords Co. Ltd. Keduanya, menjalin kerja sama dan menjajaki studi perencanaan bisnis di bidang pengembangan bisnis energi baru terbarukan, stasiun pengisian kendaraan listrik, energi efisiensi dan bisnis digital.

Baca juga: Ada 4 SPKLU Baru Di Rest Area Jalan Tol

Direktur Bisnis Komersial PT JMRB Imad Zaky Mubarak menjelaskan, kerjasama ini adalah salah satu upaya PT JMRB, berpartisipasi terhadap program pemerintah. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. pun sebagai perusahaan induk memiliki misi "Green Toll Road" yang mencanangkan gerakan hijau dari jalan tol serta aspek lainnya, termasuk rest area.

Menurut Imad Zaky Mubarak perusahaan sering melakukan program penghijauan seperti penanaman pohon, pengolahan limbah sampah, serta mendukung ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area yang mereka kelola.

"Apalagi, pemerintah sedang melakukan percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan," terang Imad Zaky Mubarak dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, CEO Verywords Kim Sung Woo, mengatakan, salah satu cara meningkatkan minat masyarakat dalam penggunaan kendaraan listrik adalah dengan menambah penyediaan fasilitas SPKLU di tempat istirahat jalan tol.

Baca juga: PLN Bangun SPKLU Di Indonesia Timur

"Penyediaan SPKLU menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan penggunaan kendaraan listrik dan meningkatkan penggunaan energi terbarukan," terangnya.

Untuk diketahui, Verywords merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang memiliki fokus bisnis untuk jasa konsultasi perubahan iklim, produksi kendaraan listrik, implementor stasiun pengisian listrik untuk kendaraan listrik, dan pelaksana dari berbagai macam proyek pengurangan emisi.

Seperti diketahui, ada beberapa ruas tol Trans Jawa sudah terpasang SPKLU, di antaranya Rest Area KM 207 A Ruas Palikanci, Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang, juga Rest Area KM 519 A dan KM 519 B Ruas Solo-Ngawi.