PAL-V Luncurkan Mobil Terbang Pertama di Dunia

Edo Permanadhita
Edo Permanadhita 13 Mar 2018 - 07:30
PAL-V Luncurkan Mobil Terbang Pertama di Dunia
PAL-V Liberty (AutocarIndia)

KabarOto.com - Perusahaan Aircraft asal Belanda PAL-V dikabarkan telah meluncurkan mobil terbang komersial pertama di dunia, the Liberty, di pameran Geneva Motor Show 2018.

Mobil terbang yang diluncurkan dengan tajuk Liberty Pioneer Edition, dibanderol mulai dari Rp 8,2 miliar, sebelum pajak. Menariknya, PAL-V menjelaskan bahwa harga yang ditawarkan sudah termasuk ke dalam paket, pelatihan penerbangan.

PAL-V mengklaim, bahwa Liberty yang memiliki 3 buah roda ini telah sesuai dengan syarat dan peraturan yang ada. "Ini merupakan waktu yang sangat penting dalam sejarah penerbangan dan mobilitas,” ucap juru bicara PAL-V seperti dikutip dari AutocarIndia Senin (12/3).

Mereka berencana untuk, melakukan pengiriman unit pertama kepada konsumen, yang telah melakukan pemesanan pada awal tahun depan.

Lebih lanjut PAL–V menjelaskan bahwa mereka hanya akan memproduksi Liberty sebanyak 90 unit, yang sekitar setengahnya ditujukan untuk pasar Eropa.

Liberty memiliki bilah rotor di atap yang dapat dilipat, dan menggunakan dua buah mesin Rotax. Satu mesin untuk berjalan di aspal dan satu lagi digunakan saat terbang.

Mesin mode drive memiliki tenaga 100 dk yang dapat mencapai kecepatan tertinggi 161 kpj, dengan akselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 9 detik. Konsumsi bahan bakar Liberty dapat mencapai 13 km/L.

Di udara, Liberty bisa mencapai ketinggian maksimum 3.500 m, dan mesin bertenaga 200 dk yang digunakannya dapat meraih kecepatan tertinggi 180 kpj.

Baca juga:E-Vision, Mobil Listrik Canggih Keluaran Tata

Menurut PAL-V, untuk mengubah fungsi mobil dari mode berkemudi di jalan raya ke mode terbang atau sebaliknya, dapat memakan waktu sekitar 5-10 menit. Liberty juga membutuhkan ruang lepas landas sekitar 90-200x200 meter tanpa hambatan.



Editor : rio