POPULAR STORIES

Pameran Kendaraan Listrik IEMS Siap Digelar Agustus Mendatang

Pameran Kendaraan Listrik IEMS Siap Digelar Agustus Mendatang Motor listrik di IEMS

KabarOto.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Kick Off Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024. Seperti tahun sebelumnya, yang sudah digelar kelima kali ini, akan Kembali diintegrasikan dalam acara Indonesia Reseach and Innovation Expo 2024 (InaRI Expo 2024) pada Agustus 2024 mendatang.

Tahun ini, IEMS sebagai bentuk dukungan BRIN bersama perusahaan, pemangku kepentingan, produsen kendaraan listrik dan industri komponen. Tujuannya, mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Baca Juga: BRIN dan Viar Bikin Motor Listrik untuk Penyandang Disabilitas

Selain pameran, juga akan digelar Seminar, Product Presentation, Workshop, Test Drive & Ride, dan Konvoi Kendaraan Listrik 'Langit Biru'. Juga menjadi platform untuk melakukan penjualan atau transaksi kendaraan listrik.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko menjelaskan, IEMS dibuat untuk mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dan menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponen.

Agar terus berkomitmen mensosialisasikan inovasi dan teknologi kendaraan listrik terkini kepada masyarakat Indonesia. Pihaknya juga mengajak seluruh stakeholders, produsen, industri dan perusahaan pendukung kendaraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk berpartisipasi menyukseskan IEMS 2024.

Pamera. ini akan dilaksanakan pada 8-11 Agustus 2024, di Gedung ICC, Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno, BRIN Cibinong, yang memiliki konsep pameran indoor-outdoor dengan Hall Gedung ICC sebagai pusat dari seluruh kegiatan IEMS 2023.

Langkah ini menurut Ha doko, terobosan dari BRIN sebagai pendukung utama dalam upaya mengedukasi masyarakat, tentang peran penelitian dalam mendukung berbagai program pembangunan nasional dalam upaya meningkatkan akses masyarakat dan stakeholder untuk berkolaborasi dengan para peneliti BRIN, seperti inovasi kendaraan listrik.

Dalam IEMS 2024 juga akan kembali menggelar Konvoi Kendaraan Listrik Langit Biru, roda dua dan roda empat.

Pameran juga akan memberikan berbagai apresiasi atau penghargaan bagi para peserta sesuai kategori. Hal ini ini untuk mendorong para produsen kendaraan listrik.

Baca Juga: Tak Cuma Alinka & Sabrina, Dragster Perempuan Ini Juga Ekspresikan Hari Kartini

Penghargaan, karena kendaraan listrik sudah banyak diproduksi oleh produsen lokal. Khususnya roda dua. "Apresiasi ini sebagai salah satu upaya BRIN mendukung agar produk lokal dapat lebih berkiprah di industri kendaraan listrik," terang Handoko.