POPULAR STORIES

Pangkas Waktu Tempuh Jadi 40 Menit, Kapan Tol Manado-Bitung Rampung?

Pangkas Waktu Tempuh Jadi 40 Menit, Kapan Tol Manado-Bitung Rampung? Sumber & Foto: Kontan/Kabaroto/Jasa Marga/PUPR

KabarOto.com - Pihak Jasa Marga menggenjot pembangunan jalan Tol Manado-Bitung agar dapat selesai tepat waktu. Jalan tol sepanjang 39 kilometer ini terdiri dari dua paket pekerjaan.

Paket 1 sepanjang 14 kilometer terbagi atas Seksi 1A Manado-Sukur sepanjang 7 kilometer dan Seksi 1B Sukur-Air Madidi sepanjang 7 kilometer.

Selanjutnya paket 2 sepanjang 25 kilometer terbagi atas Seksi 2A Air Madidi-Danowudu sepanjang 11,5 kilometer dan Seksi 2B Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer.

Dirut PT Jasa Marga Manado Bitung (JMB), George IMP Manurung juga telah memaparkan proses konstruksi hingga akhir September 2019.

“Untuk masing-masing seksi, progres konstruksi Seksi 2A Air Madidi-Danowudu sudah mencapai 89,40%, sementara itu seksi 2B Danowudu-Bitung saat ini progres konstruksi mencapai 31,20%,” jelas George.

Baca Juga: Ekonomi Manado Tumbuh Pesat, Mitsubishi Resmikan Diler Ke-127

Di seksi 2A, pihaknya sedang menyelesaikan Simpang Susun Kauditan, kantor, dan gerbang tol. Sementara untuk seksi 2B merupakan penyelesaian jembatan, crossing, drainase, dan jalan utama.

Ia menambahkan, target penyelesaian konstruksi ini bisa berakhir di kuartal II tahun 2020 mendatang. George mengungkapkan, proyek Tol Manado-Bitung Seksi 2B saat ini masih terkendala pembebasan lahan.

Untuk mengejar ketertinggalan progres konstruksi, proyek Tol Manado-Bitung mulai mendatangkan alat berat untuk pekerjaan timbunan dan menambah pekerja serta sumber material yang diperlukan.

Dengan hadirnya Tol Manado-Bitung ini diharapkan mampu membantu perkembangan ekonomi dan pariwisata di wilayah Sulawesi Utara.

Kabar gembiranya lagi, tol ini akan memangkas waktu perjalanan dari Manado ke Bitung yang sebelumnya memerlukan waktu 1-1,5 jam menjadi 40-50 menit saja.