POPULAR STORIES

Pantau Jalur Mudik, Operasi Ketupat 2023 Mulai Digelar 18 April - 1 Mei

Pantau Jalur Mudik, Operasi Ketupat 2023 Mulai Digelar 18 April - 1 Mei Foto : NTMC Polri

KabarOto.com - Melihat peningkatan pemudik tahun ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan arahan khusus untuk menciptakan mudik Lebaran yang aman dan lancar. Kapolri menegaskan pihaknya akan melaksanakan Operasi Ketupat 2023 mulai 18 April - 1 Mei mendatang.

Ia akan turun langsung mengawasi mudik 2023, arahan itu diungkap Kapolri dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu kemarin (12/04).

Baca Juga : Catat, Berikut Daftar Rest Area Di Tol Trans Jawa

Kapolri juga membeberkan rencana untuk menerjunkan 148.884 personel Polri untuk mengawal mudik Idul Fitri 2023. Dia berharap personel bisa mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini yang mencapai 123 juta orang.

“Dalam waktu dekat ini kita hadapi adalah mudik Idul Fitri yang dari hasil survei Kemenhub jumlahnya bertambah dari yang awalnya 86 juta menjadi 123 juta. Sehingga tentunya ini juga menjadi perhatian khusus kami, sehingga kami melibatkan 148.884 personel yang akan kami turunkan untuk laksanakan operasi ini. Karena apabila kami tidak melaksanakan secara optimal potensi terjadinya kemacetan yang luar biasa tentunya akan terjadi,” kata Kapolri.

foto : NTMC Polri

Kapolri menegaskan pihaknya akan melaksanakan Operasi Ketupat 2023 mulai 18 April - 1 Mei mendatang. Dia menyebut pati-pati bintang 3 juga akan dilibatkan memantau arus Mudik 2023.

“Kemudian juga kami turunkan seluruh personel-personel kami, termasuk pati-pati bintang 3, untuk kita sebar di seluruh wilayah, kita harapkan bahwa kegiatan Operasi Ketupat ini betul-betul bisa kita laksanakan dengan maksimal,” jelasnya.

Baca juga: Layani Konsumen Di Jalur Mudik, Yamaha Hadirkan Bengkel Jaga Di 4 Wilayah

Adapun kelima pati bintang tiga yang ditugaskan yakni Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto untuk wilayah Banten, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran untuk wilayah Polda Metro Jaya.

Kemudian Kabaintelkam Polri Komjen Wahyu Widada untuk wilayah Jawa Barat, Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Ariyanto di wilayah Jawa Tengah dan Dankor Brimob Komjen Anang Revandoko pada wilayah Jawa Timur.