Parkir Mobil Di Area Terbuka Bikin Cat Kusam, Ini Penyebabnya

Parkir Mobil di Area Terbuka Bikin Cat Kusam, Ini Penyebabnya Ilustrasi mobil parkir di area terbuka (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Mobil yang sering diparkir di area terbuka membuat warnanya cepat kusam. Pasalnya, sinar matahari memiliki kandungan ultraviolet yang membuat cat mobil cepat rusak.

Jonathan Narendra Wicaksono, Area Outlet Manager Scuto menjelaskan bahwa pada dasarnya cat kendaraan terdiri dari beberapa lapisan bahan kimia. Jika dalam waktu lama lapisan pada cat terpapar sinar UV, maka akan menghasilkan reaksi kimia yang dapat merusak lapisan pada cat tersebut.

"Hal ini bisa lebih parah dengan berbagai kondisi lain, seperti kotoran pada air hujan, kandungan asam pada kotoran burung dan getah pohon,” jelas Jonathan.

Baca juga: Bahaya Flat Spot Pada Ban, Berikut Cara Mengatasinya

perlindungan cat dengan berbagai jenis proteksi

Dengan berbagai kondisi tersebut, umumnya terjadi pada kendaraan yang sering diparkir langsung tanpa atap/pelindung, maka lapisan demi lapisan pada cat kendaraan akan rusak.

Sebaiknya, pemilik kendaraan lebih memperhatikan kondisi cat dengan parkir di tempat yang teduh, namun tetap ada sirkulasi udara, karena parkir di keadaan yang terlalu lembab juga tidak baik.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Saat Mengalami Kondisi Darurat Di Jalan Raya

Sebagai bentuk preventif juga, bisa menggunakan berbagai produk perawatan cat terutama yang memiliki kandungan wax atau silicone.

“Jika ingin lebih proper, sangat direkomendasikan untuk menambah perlindungan cat dengan berbagai jenis proteksi yang ada di market saat ini, seperti ppf, ppe, atau nano ceramic coating,” pungkas Jonathan.