POPULAR STORIES

Pasca Ambles, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan Raya Gubeng

Pasca Ambles, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Raya Gubeng Jalan Raya Gubeng yang ambles (ist)

KabarOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya untuk dapat secepatnya memulihkan lalu lintas di Jalan Raya Gubeng, Surabaya yang mengalami ambles pada Selasa malam (18/12/2018).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan perbaikan Jalan Gubeng tidak akan memakan waktu lama. "Kami targetkan 3-5 hari jalan sudah bisa dilalui kembali, meski belum permanen," kata Basuki.

Jalan Raya Gubeng yang ambles ditutup untuk umum

Mengenai penyebab amblesnya jalan, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto mengatakan terjadi karena adanya tanah di bawah jalan yang terambil oleh pekerjaan pembangunan rumah sakit. Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pihaknya juga masih menunggu hasil investigasi Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Tim Kementerian PUPR.

Baca Juga: Satgas Jasa Marga Bakal Mengawal Libur Natal Dan Tahun Baru

"Kami tidak ingin menyalahkan siapa pun. Kami juga tidak ingin bicara status jalannya tetapi bagaimana kita segera menangani agar bisa berfungsi kembali," kata Sugiyartanto.

Komite K2 dan Tim Kementerian PUPR telah menyampaikan beberapa rencana tindakan agar amblesan tanah tidak meluas. Antisipasi yang perlu dilakukan adalah pengamanan segera terhadap gedung-gedung sekitar lokasi terkait musim hujan yang dapat mempengaruhi pola longsoran.

Baca Juga: Empat Teknisi Honda Indonesia Perebutkan Gelar Teknisi Terbaik Se-Asia Oceania

Dari pengamatan KabarOto Kamis (20/12/2018) arus lalu lintas yang menuju lokasi amblesnya Jalan raya Gubeng di tutup oleh pagar seng, dan dilakukan pengalihan.

Arus lalu lintas dari Jalan Karimun Jawa dialihkan ke Jalan Raya Gubeng sisi utara. Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Kertajaya dan Jalan Sulawesi yang menuju Jalan Raya Gubeng, dialihkan lurus lewat Jalan Ngagel dan Jalan Pandegiling.

Adapun penutupan jalan ada di empat titik, yaitu:

1. Traffic light Jalan Ngagel-Sulawesi
2. Jalan Raya Gubeng sisi selatan
3. Jalan Raya Gubeng sisi utara
4. Jalan Sumbawa