POPULAR STORIES

Pasokan Semikonduktor Berkurang, Nissan Dan Honda Pangkas Jumlah Produksi

Pasokan Semikonduktor Berkurang, Nissan dan Honda Pangkas Jumlah Produksi

KabarOto.com – Semikonduktor digunakan dalam beragam aplikasi otomotif seperti kamera dan sistem penginderaan, dasbor, sistem IVI (In-Vehicle Infotainment), ADAS (Advanced Driver Assistant System), sistem komputasi pusat mengemudi otonom (autonomous driving) dan gateway.

Semikonduktor akan digunakan lebih luas lagi di masa depan, terutama dengan pengenalan potensi mengemudi otonom.

Nissan dan Honda terpaksa memangkas jumlah produksi mereka karena mengalami kekurangan pasokan semikonduktor secara global.

Kabarnya, kurangnya pasokan komponen semikonduktor ini disebabkan oleh tertundanya proses produksi selama pandemik dan jumlah permintaan yang meningkat untuk perangkat lunak.

Nissan mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengurangi jumlah produksi Note, mobil listrik hibrida di Pabrik Oppama di prefektur Kanagawa, Jepang. Laporan dari Nikkei, Nissan memangkas jumlah produksi Note di Pabrik Oppama pada Januari 2021 menjadi 5.000 unit, dari rencana produksi awal sebanyak 15.000 unit.

Baca Juga : Harga Honda Jazz Terbaru Tembus Rp1 Miliar Di Singapura

Sementara itu, juru bicara Honda mengatakan, “Perusahaan telah mulai melihat seperti apa dampak dari pasokan suku cadang, dan untuk meminimalkan dampaknya, kami mengambil langkah untuk mengatur ulang keluaran produk dari pabrik dan kuantitasnya."

Namun, pabrikan Jepang ini mengklaim bahwa pasokan semikonduktor untuk mobil rakitan mereka masih aman hingga bulan depan. Mereka juga melihat kemungkinan dari vendor, dan juga beberapa alternatif lain jikalau ada keterlambatan pasokan.

Baca Juga : Kolaborasi Suzuki-Toyota Berlanjut, SUV Baru Tengah Di Uji Jalan

Dalam penggunaan komponen semikoduktor, pabrikan mobil memang tidak berada di peringkat paling atas, bahkan seorang eksekutif perusahaan otomotif mengatakan bahwa pabrikan mobil menduduki peringkat bawah kebutuhan akan semikonduktor. Penggunaan komponen semikonduktor ini didominasi oleh pabrikan berbasis IT seperti Apple ataupun Hawlett-Packard.

Namun pada kenyataannya kelangkaan pasokan ini jadi menghantam produksi kendaraan. Tak hanya Nissan dan Honda, dikabarkan juga bahwa Volkswagen tengah bersiap untuk melakukan penyesuaian produksi di pabrik mereka di Eropa, Amerika Utara dan Tiongkok karena permasalahan ini.