POPULAR STORIES

Pekan Depan, Honda Prospect Motor Akan Ekspor Brio Ke Negara Ini

Pekan Depan, Honda Prospect Motor Akan Ekspor Brio Ke Negara Ini All New Honda Brio (KO/Kipli)

KabarOto.com - Pekan depan, PT Honda Prospect Motors (HPM) dikabarkan memulai ekspor perdana All New Honda Brio. Ekspor perdana model yang menjadi ujung tombak penjualan Honda di Indonesia tersebut sekaligus bertepatan dengan perayaan 20 tahun HPM di Indonesia, yang jatuh pada Senin, 26 Maret 2019.

Rencana tersebut terungkap saat HPM mengajak awak media untuk menguji kehandalan Honda Brio di Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/03/2019). Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy mengatakan, bahwa ekspor perdana Brio yang diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat itu, akan ditujukan ke dua negara di Asia.

Baca Juga: Honda Indonesia Siap Turunkan Harga Civic Turbo, Asal...

Rencana ini menjadikan Indonesia negara pertama yang memproduksi dan mengekspor model Honda Brio generasi ke-2. "Kami akan melakukan ekspor perdana Brio ke negara Filipina dan Vietnam. Ekspor perdana akan dimulai tepat di hari perayaan 20 tahun Honda di Indonesia," ujar Jonfis saat ditemui KabarOto.

All New Brio saat melakukan manuver

Namun, pria ramah tersebut belum mengungkap terkait jumlah unit yang akan diekspor. "Secara jumlah akan diinformasikan akhir bulan ini, namun tahap awal hanya diekspor secara utuh alias completely built-up (CBU) ke dua negara tersebut," ujar Jonfis.

Lebih lanjut Jonfis menambahkan, bahwa Brio sebenarnya dikembangkan untuk pasar Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, HPM mendapat permintaan dari negara lain. Untuk itu, model yang akan diekspor nanti akan mengalami beberapa penyesuaian dalam hal spesifikasi. "Detilnya nanti pas peresmian ekspor ya, tapi spesifikasinya menyesuaikan negara tujuan," ungkap Jonfis.

Di indonesia sendiri, All New Honda Brio tercatat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi, khsusnya selama bulan Januari – Februari 2019. Dalam dua bulan pertama di tahun ini, All New Honda Brio mencatat penjualan sebanyak 12.477 unit, yang terdiri dari 9.486 unit All New Honda Brio Satya dan 2.991 unit All New Honda Brio RS.

Baca Juga: Honda Brio Jadi Primadona HPM Di Penjualan Awal 2019

All New Honda Brio juga sekaligus memberikan kontribusi penjualan terbesar bagi Honda pada bulan Februari 2019 lalu, yang tercatat sebanyak 10.637 unit. Untuk All New Honda Brio Satya menyumbang penjualan terbesar dengan total 4.688 unit. Sementara All New Honda Brio RS juga mencetak penjualan sebesar 1.292 unit pada bulan Februari lalu.