POPULAR STORIES

Pelihara Mesin Turbocharger Dengan 3 Langkah Ini

Pelihara Mesin Turbocharger dengan 3 Langkah Ini KO

KabarOto.com - Keunggulan sistem turbocharger memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin, sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.

Udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin yang dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan.

Mesin dengan induksi turbo juga diaplikasikan di DFSK Glory 560 dan DFSK Glory i-Auto. Sebagai contoh DFSK Glory 560 yang menggunakan mesin 1.500 cc turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 147,9 dk dengan torsi 230 Nm.

Baca juga: Kenali Ragam Jenis Teknik Pengelasan Pipa Knalpot Dan Turbocharger

PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi bilang, ada 3 aspek yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil agar mesin bisa bekerja dengan maksimal.

1. Periksa dan Ganti Oli Mesin Teratur

Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi melindungi mesin dari keausan akibat gesekan komponen di dalamnya, membantu menjaga suhu mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada. Konsumen bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya melalui dipstick yang biasanya ada di mesin.

Apabila volume oli sudah berkurang atau kondisinya sudah keruh, bisa datang ke bengkel untuk penggantian oli mesin. "Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat," ujarnya.

Baca juga: Honda Mobilio Ini Lebih Gahar Setelah Pakai Doping Turbocharger

2. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Agar mesin bisa melakukan pembakaran yang optimal maka perlu menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan minimal RON 92.

Penggunaan bensin yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan akan membantu sistem pembakaran bekerja sempurna. Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil bekerja di level tertinggi.

3. Rutin Membersihkan Filter Udara

Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Sehingga pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor maka maka kinerja turbo yang memanfaatkan udara akan menjadi tidak maksimal.