POPULAR STORIES

Pemahaman Dan Perawatan Fitur Traction Control Pada Sepeda Motor

Pemahaman dan Perawatan Fitur Traction Control Pada Sepeda Motor Kipli/YIMM

KabarOto.com - Traction Control System (TCS) merupakan fitur keselamatan berkendara yang mampu menjaga ban dari kondisi slip, sehingga memudahkan pengendara ketika melintasi permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

Terdapat dua komponen penting dalam TCS yaitu speed sensor dan ECU. "Speed sensor akan mengirimkan sinyal terkait putaran roda ke ECU, jika terdeteksi perbedaan putaran yang berlebih pada roda belakang akibat ban slip, maka ECU akan memundurkan waktu pengapian serta menghentikan suplai bahan bakar sementara, hasilnya tenaga mesin dan putaran ban belakang berkurang sehingga dapat menghindari kemungkinan terjatuh akibat slip," jelas Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

Baca juga: Viral, Kebut-kebutan BMW Di Tol Slipi Berujung Celaka

Perawatan TCS

Mengingat TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang, maka area kaki-kaki motor harus dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel, serta hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.

Cara mengetahui TCS berfungsi dengan baik

1.Cek lampu indikator

Jika lampu indikator TCS di layar spidometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi atau kerusakan.

Baca juga: Wartawan Dan Bikers Ikuti Pelatihan Safety Riding Bersama JDDC

2.Mengaktifkan fitur TCS

Aktifkan fitur TCS, kemudian posisikan motor dengan standar tengah (main stand) lalu mainkan putaran gas. Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka mesin akan brebet atau tersendat, "hal tersebut normal karena ECU mengurangi tenaga mesin sehingga putaran roda belakang berkurang, jika TCS mengalami kerusakan maka mesin tidak akan brebet atau tersendat saat gas dimainkan, tutupnya.