Pembalap Sekaligus Bapak 'Datsun Lawas' Indonesia, Sidarto SA Meninggal Dunia

Pembalap Sekaligus Bapak 'Datsun Lawas' Indonesia, Sidarto SA Meninggal Dunia Kipli/Kabaroto/Datsun Jakarta

KabarOto.com - Otomotif Indonesia kembali berduka, pasalnya dunia balap Tanah Air serta komunitas Old Datsun Indonesia baru saja kehilangan salah satu sosok pembalap legendaris, Sidarto Sosro Atmodjo atau akrab disapa Om Darto.

Sidarto SA meninggal dunia dalam usia 66 tahun di RS Persahabatan Jakarta, pada Sabtu kemarin (06/06) pukul 12.18 WIB. Almarhum Om Darto merupakan sosok pembalap yang sudah malang melintang dalam dunia balap motor maupun mobil.

Om Darto bersama pentolan Datsun Jakarta (Foto: Aldi)

Kiprahnya di dunia balap nasional dimulai pada tahun 1967 di ajang balap motor, saat itu usianya baru menginjak 14 tahun. Hingga akhirnya ayah dari tiga anak ini banyak terlibat dalam berbagai event balap motor maupun mobil di Indonesia.

Baca Juga: Pengurus Anyar Komunitas Retro Datsun Jakarta Gaungkan Visi Misi Baru

Om Darto juga dikenal keikutsertaannya dalam ajang balap satu merek atau one make race (OMR) Hyundai Atoz pada tahun 2004 lalu. Bahkan, almarhum sempat dijuluki sebagai bapak OMR Indonesia, karena selalu terlibat dalam event tersebut.

Jejak Om Darto di kancah OMR sempat menghilang pada saat memasuki 2009-2010 namun di 2011, ia kembali aktif lewat Mercedes-Benz C-Class Championship. Ia menjadi penggagas, pelaksana dan pembuat regulasi.

Selain itu, ia juga erat kaitannya dengan mobil-mobil Datsun lawas dan komunitasnya di Indonesia atau Old Datsun Indonesia (ODI). Beberapa perwakilan anggota sempat mengantarkan jenazah hingga ke liang kubur. Om Darto juga gemar mengoleksi dan balap menggunaka beberapa Datsun lawas, contohnya seperti Datsun 160J SSS yang fenomenal.

Selamat jalan Om Darto, race in peace!