POPULAR STORIES

Pembelian Mobil Daihatsu Secara Tunai Meningkat Saat Pandemik Covid-19

Pembelian Mobil Daihatsu Secara Tunai Meningkat saat Pandemik Covid-19

KabarOto.com - Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku, pejualan pada Maret sampai April 2020 ini sangat menurun. Namun masih ada penjualan yang dilakukan oleh konsumen lama yang membeli lagi (repeat order) dan juga konsumen lama yang menggantikan mobil lamanya (replace additional).

Untuk pola pembelian, pada Januari-Maret kemarin 80% kredit dan 20% tunai. Sementara pada April kemarin, pembelian cash meningkat sebesar 75% kredit dan 25% tunai. Sementara pada Mei pembelian kredit meningkat 65% sementara tunai 35%.

Baca Juga: Pandemik Covid-19 Bikin Jualan Daihatsu Merosot

Ada kenaikan pola pembelian customer, biasanya kredit sekarang approving lising ketat, dengan indikator angka tersebut ini pasti lebih banyak pembeli replace additional dan repeat order," terang Marketing and CR Division Head ADM, Hendrayadi Lastiyoso.

Untuk wilayah jualan terbanyak pada April hingga Mei 2020, wilayah Jakarta masih memberikan kontribusi terbanyak, selanjutnya Jawa Timur, Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Jika dilihat penurunan kami tidak jauh, karena sudah mapping bagaimana penjualan lewat digital, sumbernya macem-macem, lewat website ADM, dealer-dealer rekanan dan media sosial dealer serta sales," terangnya.

Penjualan yang dilakukan pada April sampai Mei ini sebelum masa pandemik Covid-19 sudah dilakukan promo lewat website dan medsos, dan saat Work From Home tinggal mengaktifkan menghubungi konsumen.

Baca Juga: Dalam Masa PSBB, Sigra Masih Mendominasi Penjualan Daihatsu

Untuk diketahui, dari data yang diberikan, Daihatsu mencatatkan penjualan retail salesnya (dealer ke konsumen) pada Januari-April 2020 sebanyak 44.300 unit. Angka ini turun 26,9 persen dari tahun sebelumnya yaitu 60.700 unit.