POPULAR STORIES

Pandemik Covid-19 Bikin Jualan Daihatsu Merosot

Pandemik Covid-19 Bikin Jualan Daihatsu Merosot Daihatsu pamerkan produk di sebuah mall

KabarOto.com - Akibat Pandemik Covid-19, hampir semua industri otomotif di seluruh dunia mengalami penurunan penjualan. Semua pabrikan otomotif juga menutup seluruh pabriknya. Hal itu untuk memutus rantai penyebaran virus Corona di masing-masing negara.

Penjualan otomotif di Indonesia juga mengalami penurunan sejak akhir Maret sampai sekarang. Hal itu disebabkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di berbagai daerah. Membuat diler-diler mobil menghentikan aktivitas, hanya pelayanan bengkel saja yang dibuka. Itu pun dengan pengurangan jumlah mekanik dan juga stall.

Baca Juga: Dalam Masa PSBB, Sigra Masih Mendominasi Penjualan Daihatsu

Daihatsu salah satu pemegang pasar otomotif kedua di Indonesia juga merasakan pahitnya kondisi saat ini. Penjualan Daihatsu pada Mei 2020 diprediksi bakalan terpuruk. Hal itu dikatakan, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor(ADM) Amelia Tjandra dalam video conference, Kamis (15/5).

Saya rasa penjualan retail sales (dealer ke konsumen) bulan Mei akan turun di atas 40 persen dari bulan sebelumnya," tegasnya. Sementara itu, whole sales (pabrik ke diler) lebih parah 0 unit. "Ini karena selama Mei operasi pabrik dihentikan," terangnya.

Pabrik Daihatsu

Amel menyampaikan, pada Mei tidak ada suplai dari pabrik, hanya menghabiskan sisa produksi pada bulan April. "Jika tidak ada pemesanan, pabrik tidak akan produksi untuk menjaga keseimbangan stok produk dengan penjualan," terangnya.

Daihatsu, menurut dia hanya menghabiskan stok kendaraan yang ada, sementara permintaan kurang karena daya beli masyarakat turun dampak wabah Corona.

Menurutnya, penjualan juga diakibatkan approval untuk pembelian kendaraan lewat sistem kredit saat ini tidak mudah, karena perusahaan pembiayaan memperketat persyaratan calon konsumen.

"Mereka tidak mau ambil risiko di saat situasi ekonomi sekarang. Ini dapat dilihat dari tren konsumen yang membeli mobil cash meningkat di tengah volume penjualan yang turun," terangnya.

Baca Juga: Jaga Silaturahmi, Daihatsu Ajak Komunitas Ikuti Kompetisi Digital

Dari data yang diberikan, Daihatsu mencatatkan penjualan retail salesnya Januari-April 2020 sebanyak 44.300 unit. Angka ini turun 26,9 persen dari tahun sebelumnya yaitu 60.700 unit.