POPULAR STORIES

Pemberlakukan One Way Saat Arus Balik, Kakorlantas Minta Jangan Menunggu Di Pintu Tol

Pemberlakukan One Way Saat Arus Balik, Kakorlantas Minta Jangan Menunggu di Pintu Tol Pemberlakuan Jalur Satu arah di Trans Jawa (Foto: KO)

KabarOto.com - Berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah melalu Polri dan Kementerian terkait, untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi warga masyarakat yang balik dari kampung halaman ke Jakarta.

Salah satunya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan, diberlakukan one way, dari Kalikangkung sampai Jakarta. Diharapkan, dengan skema ini arus lalu lintas di tol lancar.

Baca juga: Arus Balik Mudik Lebaran 2022, Naik 100,8 Persen Dari Lalu Lintas Normal

Irjen Pol Firman Santyabudi, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia meminta, pengertian kepada pengguna jalan tol yang terdampak sistem satu arah mulai Jumat 6 Mei sampai Minggu 8 Mei 2022.

Pembukaan One Way (Foto: Antara)


"Tidak perlu menunggu di pintu tol, one bisa saja terus 24 jam," jelas Irjen Pol Firman Santyabudi, saat pembukaan sistem satu arah di GT Kalikangkung dikutip dari Antara.

Dalam peresmian itu, dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Jum'at (06/05) siang.

Baca juga: Korlantas Polri: Pola Kendaraan Pemudik Tahun Ini Berbeda Dengan Sebelumnya

Firman menyatakan, tidak ada kepastian dalam pemberlakuan sistem satu arah ini, sehingga masyarakat yang ingin melintas tidak disarankan menunggu di depan pintu tol.

Kakorlantas meminta memanfaatkan di jalur non-tol untuk memanfaatkan waktu perjalanan pada sore sampai malam hari, saat masyarakat lokal sudah mulai beristirahat. Ia pun berharap, arus kendaraan berjalan lancar saat one way diberlakukan, dimungkinkan terdapat relaksasi satu jalur.