POPULAR STORIES

Pemerintah Harus Dukung Pengembangan Mobil Ramah Lingkungan

Pemerintah Harus Dukung Pengembangan Mobil Ramah Lingkungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto hadiri seminar tentang pengembangan mobil ramah lingkungan (Foto: Astra)

KabarOto.com - Mobil listrik menjadi tren masa depan, dan Indonesia harus bersiap menghadapi hal ini. Demikian dikatakan Menko Maritim Luhut Binsa Pandjaitan, saat memberi sambutan dalam seminar tentang pengembangan mobil ramah lingkungan di Gedung BPPT Jakarta.

Dia menambahkan, pemerintah harus dukung mobil dengan teknologi ramah lingkungan seperti ini, supaya tidak bergantung pada bahan bakar konvensional.

Baca Juga: Menteri ESDM Pastikan Program Mobil Listrik Terus Berjalan

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan rencana pemerintah untuk mobil listrik. “Target tahun 2030, 25% dari total produksi kendaraan roda empat sudah low carbon emission vehicle (LCEV). Kerjasama dan penelitian sudah berjalan dengan berbagai perusahaan dan universitas. Kita harus optimistis,” ujarnya.

Melalui anak usaha Astra PT Astra Otoparts Tbk (AOP) sebagai pendukung acara ini, menampilkan salah satu robot yang mensuport otomasi pabrik yang dikembangkan di salah satu divisinya, Winteq.

Winteq senantiasa mengembangkan bidang engineering, special purposed machinery, sistem integrasi dan otomasi pabrik. Target tahun 2025, AOP dapat menerapkan sistem smart factory, sebuah sistem yang menjalankan otomasi, konektivitas dan digitalisasi yang diklaim dapat menghasilkan produk berkualitas dengan lebih cepat dan lebih siap menghadapi perubahan.