POPULAR STORIES

Pemilik AHASS Ini Nyatakan, Penjualan Pelumas AHM Sudah Fair

Pemilik AHASS Ini Nyatakan, Penjualan Pelumas AHM Sudah Fair AHM Oil di AHASS

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan investigasi, dan mendapatkan bukti dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Perusahaan berlambang sayap itu menurut KPPU melakukan praktik monopoli pelumas. Hal itu dinyatakan lewat bukti perjanjian eksklusif dengan main dealer Honda dan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Baca Juga: Astra Honda Motor Dituduh KPPU Monopoli Pelumas

Menanggapi hal tersebut, Gilbert Nahumury , pemilik AHASS PT Terang Anugerah mengatakan, konsumen Honda lebih percaya dengan apa yang dibuat oleh AHM. “Mereka ciptakan unit, suku cadang dan juga oli, memang untuk kebutuhan konsumen di bengkel Honda,” terang Gilbert kepada KabarOto.com, Kamis (6/8/2020).

Dia bersama dengan bengkel AHASS lainnya dari perusahaan lain percaya diri dengan produk yang dibuat AHM. “Kami lebih yakin dengan produk AHM, dan ini berhubungan dengan garansi juga,” paparnya.

Dia menyatakan, penjualan pelumas AHM di bengkel AHASS sudah fair. “Ibarat kata, kita yang bikin motornya ya enggak apa-apa pakai oli produksi sendiri,” utur dia mencontohkan.

Saat awal-awal dia mendirikan AHAS di tahun 2000-an, beberapa merek pelumas yang mau masuk, namun dia menolaknya. Dulu sebelum AHM membuat pelumas sendiri, mereka pakai Federal Oil.

“Konsumen kalau mau ganti oli ya pakai oli dari bengkel resmi, merek lain tidak bisa,” tambah Gilbert. Bahkan jika ada konsumen yang ingin mengganti oli dengan merek lain, mekanik di AHASS tidak akan melayani.

Baca Juga: Diler Ini Banyak Menjual Honda Beat Selama Pandemik Covid-19

“Kami tidak melayani konsumen yang bawa oli sendiri dari luar,” tegasnya. Pelumas AHM terdiri dari SPX1, SPX2, MPX1,MPX2 dan MPX 3 serta oli transmisi untuk semua jenis motor Honda.