Pemilik Motor Matik Waspadai Binatang Pengerat

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 22 Mar 2018 - 06:50
Pemilik Motor Matik Waspadai Binatang Pengerat
Motor matik yang mogok akibat kabel kelistrikannya putus di gigit tikus (KabarOto/Ahmad Djainudin)

KabarOto.com - Berbagai permasalahan pada motor matik sering membuat jengkel, salah satu penyebabnya padahal sepele, dikarenakan kabel standar samping yang putus. Ditelusuri, ternyata sumbernya gara-gara ada binatang pengerat.

Repotnya begitu kabel ini putus, otomatis motor enggak akan mau menyala, baik pakai starter elektrik ataupun kick starter.

Seperti yang terjadi pada Gita, seorang wanita yang menggunakan motor matik harus bersusah payah mendorong motornya untuk menemukan bengkel terdekat.

Baca Juga: Cerita Cinta Ojol Bersama Mantan

"Motor saya mogok mas, enggak tahu kenapa. Di-starter dan diselah (engkol menggunakan kick starter) enggak mau hidup juga," paparnya.

KabarOto bertemu dengannya di bengkel Fans di bilangan Kelapa Gading. "Mogoknya akibat kabel standar samping dan beberapa kabel kelistrikan putus digigit tikus," ungkap Irfan, siempunya bengkel Rabu (21/03).

Setelah diusut, ternyata motor matik keluaran Honda ini kurang lebih dua minggu tidak digunakan dan parkir di dalam gudang, bersamaan barang-barang lainnya.

Menilik fungsinya, kabel standar tersebut adalah untuk mematikan arus. Sebagaimana diketahui, biasanya saat standar samping matik diturunkan, maka mesin secara otomatis mati. Jika kabel itu putus, sama saja dengan memutuskan arus listrik secara berkepanjangan.

Bila sudah terjadi hal seperti itu, kita hanya perlu menyambungkan kembali kabel tersebut, dan biayanya pun masih cukup terjangkau.

Namun, ada juga yang bisa dilakukan untuk pencegahan. "Untuk menyiasatinya, kabel kelistrikan tersebut agar dibaluri kamper atau benda lainnya yang tidak disukai oleh tikus, dan sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan dari tempat yang akan menjadi lokasi parkir kendaraan matik," tutup Irfan.

Editor : rio