POPULAR STORIES

Pemula Mau Belajar Handpainting? Simak Tips Dari Nova Tigabelas (NF.13)

Pemula Mau Belajar Handpainting? Simak Tips dari Nova Tigabelas (NF.13)

KabarOto.com - Seni, modifikasi dan otomotif memang tidak bisa dipisahkan jika berbicara skena custom culture. Tak melulu soal motor aliran chopper, seiring bergesernya waktu, ranahnya pun meluas, seperti workshop Nova Tigabelas (NF.13) yang mengerjakan berbagai macam karya seni (artwork).

Tak hanya sepeda motor, Nova Gunawan selaku pemilik workshop di bilangan Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan tersebut bilang ia banyak mengerjakan karya seni di berbagai barang dan tempat seperti resin untuk persneling (shift knob) dan tutup pentil (valve cap), tempat sampah, bahkan dipercaya untuk menghias kantin atau cafe Kementerian Republik Indonesia.

"Awalnya memang harus minat dan suka dulu sama kegiatan gambar, desain. Ya, minimal tertarik dengan seni," ujar Nova, panggilan akrabnya saat diwawancara KabarOto. Nah, pria kalem itu juga bilang kalau soal jadi ahli, hanya perkara waktu.

"Soal bakat, itu bisa diasah. Karakter tiap handpainter pun berbeda-beda, kalau sudah mendalami dunia handpainting pasti bisa mengenali ciri khas masing-masing senimannya," ujar penggeber Kawasaki Binter itu.

Baca Juga: Dari Kendaraan Hingga Alat Rumah Tangga, Artwork Ini Bisa Penuhi Hasrat Custom Culture

Nova pun terlihat tak berberat hati berbagi ilmunya dengan para antusias yang mampir ke workshopnya dan belajar tentang seni tersebut. "Saya memang jual cat untuk handpainting, tapi untuk mereka yang masih belajar silahkan dipakai secara cuma-cuma," bebernya dengan alasan ingin berbagi ilmu dan mendapatkan pahala.

Berbicara cat, ia memproduksi cat jenis enamel bernama Flip Flop enamel paint dengan harga sekitar Rp 35 ribuan per botolnya. "Handpainting itu banyak jenisnya, ada doodle, lettering yang tingkat kesulitannya relatif tinggi sebenarnya untuk saya pinstripe. Bagi pemula, baiknya belajar dari lettering dahulu," kata pria berkulit putih itu.

Nova bilang, untuk pemula, alat yang disiapkan cukup sederhana saja. Hanya kuas dan catnya, "Nanti pasti mengikuti dengan kebutuhannya jika sudah eksplorasi dengan motif tertentu, contoh alatnya pun bermacam-macam, seperti pensil yang saya pakai seharga Rp 7 ribuan sampai kuas squirrel tail bisa mencapai Rp 350 ribuan," beber pria yang tergabung di Capital Choppers Indonesia itu.

Nah, Gimana Sobat KabarOto, tertarik? Bisa mampir ke workshopnya untuk diskusi santai sambil kongkow di kedai bernama Warchop milik Nova.