POPULAR STORIES

Penantian Gelar Fernando Alonso

Penantian Gelar Fernando Alonso Pebalap Formula 1 Fernando Alonso (Foto: istimewa)

Pertarungan di Formula 1 beberapa musim belakangan ini membuat pebalap Fernando Alonso merasa sudah cukup lama, berada jauh dari persaingan perebutan gelar juara Formula 1. Pebalap asal Spanyol itu pun rindu ikut bertarung di papan atas Formula 1.

Fernando Alonso telah merasakan gelar juara dunia di tahun 2005 dan 2006 saat masih bersama Renault. Dalam beberapa musim berikutnya, Alonso terlibat dalam persaingan perebutan gelar juara dunia hingga balapan terakhir di musim 2007, 2010, dan 2012.

Setelah itu, Alonso kalah bersaing dari rivalnya, Sebastian Vettel yang dominan pada 2013 dan hanya dua kali naik podium di musim berikutnya. Sementara dalam dua musim terakhir bersama McLaren Honda, Alonso melewati masa-masa sulit.

Empat tahun jauh dari persaingan di papan atas, Alonso pun merasa rindu. Tapi bagaimanapun, pebalap berusia 35 tahun itu tetap merasa beruntung karena pernah merasakan tekanan dalam pertarungan memperebutkan gelar juara dunia.

"Saya cukup beruntung pernah mengalami perasaan itu lima kali," ujar Alonso, dikutip dari Autosport.

"Anda berlatih, Anda memakai simulator, Anda pergi ke pabrik, tampil di event, menghadapi media, Anda melakukan apapun untuk tampil kompetitif di hari Minggu dan bertarung untuk gelar."

"Dari empat tahun terakhir, saya rindu akan memiliki peluang."

"Tapi di sisi lain saya merasa sangat beruntung pernah merasakan tekanan dan emosi itu lima kali, juara dua kali, karena ada banyak kolega yang punya talenta besar yang tidak pernah punya kesempatan untuk membalap di Formula 1," lanjut Alonso.

"Beberapa dari mereka tampil di Formula 1 tapi tidak pernah punya peluang untuk merasakan podium, konferensi pers untuk tiga posisi terdepan, tidak pernah merasakan start dari posisi terdepan, atau memenangi grand prix dan mereka sangat, sangat berbakat, Jadi tentu saya merasa sangat beruntung dan saya merindukannya."

baca juga: