POPULAR STORIES

Pengendara Motor Perhatikan Ini, Agar Terhindar Dari Kecelakaan

Pengendara Motor Perhatikan Ini, Agar Terhindar dari Kecelakaan Cara berkendara aman perlu diketahui oleh pengguna sepeda motor (Foto: Wahana)

KabarOto.com - Saat berkendara di jalan raya, kita ditemukan dengan beragam jenis kendaraan bermotor, baik itu roda dua dan roda empat. Untuk ini, selalu waspada, karena setiap saat kecelakaan mengancam kita. Bahkan, emosi juga diuji, saat berada di jalan raya. Perilaku berkendara yang tidak baik, kerap dijumpai.

Head of Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani berpesan, agar selalu hati-hati dan waspada saat berkendara di jalan raya, itu hal utama yang harus dimiliki pengendara sepeda motor, agar terhindar dari kecelakaan di jalan raya.

Baca Juga: Tips Aman Kendarai Motor Di Jalan Menanjak Dan Menurun

"Kecelakan tidak hanya potensial dari kondisi jalanan, tidak jarang angka kecelakaan lebih banyak disumbang dari faktor kelalaian pengendara itu sendiri,” terang Agus. Untuk itu, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) main diler sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang, memiliki semangat dan perhatian khusus untuk penyebaran paham dan sadar akan keselamatan berkendara.

hati-hati dan waspada selama berkendara di jalan raya (Foto: Wahana)

Mereka kerap menggelar pelatihan safety riding, mulai dari teori, hingga praktek, yang menitik beratkan kepada pribadi setiap orang. Untuk itu, mereka selalu mengkampanyekan keselamatan berkendara ini kepada komunitas, masyarakat umum, dan juga siswa siswi sekolah di Jakarta dan Tangerang.

"Kehati-hatian, berawal saat memutar kunci dan menyalakan motor Anda, waspada, dan ingat untuk lebih mementingkan keselamatan diri,” terang Agus lagi. Pengendara harus mempersiapkan diri, diri, mulai dari perlengkapan berkendara, dan kondisi motor yang fit.

"Memasuki jalan Jakarta yang padat, jaga kesantunan dan kepatuhan norma berkendara," tegasnya. Selalu mengawasi dan mengontrol seluruh perilaku dan karakter pengguna jalan raya. "Kewaspadaan ini diperlukan, untuk gerakan antisipasi reflek dengan kejadian dikondisi jalan," tambahnya.

Baca Juga: Tips Berkendara Motor Saat Puasa Ala Astra Honda Motor

Bagian-bagian motor perlu diperhatikan, seperti kaca spion, penggunaan lampu sinyal, dan klakson. "Layaknya tim basket yang tengah dikunci lawan, gunakan mode defensive untuk mengukur dan ikuti irama permainan lawan," tambah Agus lagi.