POPULAR STORIES

Tips Aman Kendarai Motor Di Jalan Menanjak Dan Menurun

Tips Aman Kendarai Motor di Jalan Menanjak dan Menurun Pengguna motor Honda berada di jalan menurun (Foto: Dok AHM)

KabarOto.com - Motor matik memang mudah untuk dikendarakan, tinggal memutar tuas gas untuk berjalan, dan menekan handle rem kanan dan kiri untuk menghentikan. Namun, kondisi jalan di Indonesia tidak menentu, tanjakan dan turunan. Membuat pengendara motor harus memiliki cara agar perjalannya lancar.

Berkendara menggunakan sepeda motor matik berbeda dengan tipe sport atau bebek. Dua model ini saat melewati jalur turuna,n dapat memanfaatkan engine brake, memposisikan gigi 1 untuk membantu mengurangi kecepatan.

Baca juga: Tips Merawat D-CVT, Dua Hal Ini Harus Diperhatikan

Lalu bagaimana jika menggunakan motor matik? Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara, agar mampu menghadapi berbagai kontur dan kondisi jalan.

Melintasi jalan menanjak (Foto: Dok AHM)

"Hal ini sangat membantu kita untuk dapat tetap fokus dalam berkendara agar selamat sampai tujuan dan berkendara pun menjadi menyenangkan”, jelasnya.

Lucky pun memberikan cara berkendara di tanjakan dan turunan.

1.Lakukan pengecekan dan pemeriksaan pada kendaraan

Menjaga performa kendaraan dan mengurangi potensi kecelakaan, dilakukan dengan memeriksa kendaraan yang digunakan, seperti bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan perangkat lainnya.

2. Kenali kondisi rute yang akan dilalui

Pastikan kita mengetahui rute atau kondisi jalan, supaya bisa mengantisipasi berbagai macam jalur yang akan dilewati. Pengendara sepeda motor dapat mengatur jadwal dan rute perjalanan untuk menghemat jarak, waktu, tenaga serta menghindari kemacetan.

3. Memasuki jalur yang menanjak

Saat akan memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil cukup jarak, supaya akselerasi sepeda motor dapat melewati tanjakan. Turunkan kecepatan secara bertahap ketika mendekati puncak atau jalan datar.

Sebelum memasuki jalan menanjak, manfaatkan akselerasi, dengan menambah gas jauh sebelum jalan menanjak, namun perhatikan juga kondisi jalan. Kurangi kecepatan saat hendak mendekati ujung tanjakan, tetap memperhatikan kecepatan saat menanjak sebelumnya guna mencegah terlepasnya roda depan ketika mencapai ujung tanjakan.

4. Memasuki jalan menurun

Saat akan memasuki jalan menurun, kurangi kecepatan jauh sebelum memasukinya, dengan menurunkan gas dan pertahankan kecepatan sepeda motor menggunakan rem depan atau belakang.

Baca juga: Simak Tips Menjaga Kebersihan Bodi Dan Mesin Mobil Saat Musim Hujan

Bila dirasakan pengereman kurang optimal, berhentilah atau menepi sebentar ketika melewati jalan turunan panjang, untuk mendinginkan rem depan juga belakang.

5. Postur berkendara yang tepat

Postur saat berkendara di jalur tanjakan, badan harus diposisikan ke depan agar roda depan mendapatkan sengkraman kuat terhadap permukaan jalan. Saat berada di jalur tanjakan, posisikan badan ke belakang.

6. Berhenti di tanjakan

Saat harus berhenti di tanjakan, komposisi rem belakang sebaiknya lebih besar, gunanya untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang. Hindari posisi di belakang kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus. Jika terpaksa, posisi harus di sebelah kiri atau mengambil posisi paling aman di belakangnya.