Pengunjung GIIAS Surabaya 2022 Meningkat 25 Persen

Pengunjung GIIAS Surabaya 2022 Meningkat 25 Persen Suasana GIIAS Surabaya 2022 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selaku penyelenggara GIIAS Surabaya 2022 mengaku, pameran ini mendapat tanggapan positif dari pengunjung, dan apresiasi diberikan oleh pemerintah Indonesia.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, dalam sambutan yang dibacakan Dirjen ILMATE, Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier, mengucapkan terima kasih kepada Gaikindo, dan berharap pameran ini dapat mendorong tercapainya Green Mobility dalam industri otomotif Indonesia.

Green Mobility menurut Taufik, menjadi titik berat manufaktur untuk menghasilkan kendaraan ramah lingkungan, dengan berbagai kemajuan teknologi. "Sehingga, sektor otomotif dapat mendukung target Carbon Neutral di tahun 2060,” ujar Taufiek Bawazier.

Baca Juga : GIIAS Medan 2022 Akan Kembali Hadir Di Bulan Oktober

Hyundai Ioniq 5

Penyelenggaraan GIIAS Surabaya mencatatkan kehadiran 32.658 pengunjung sepanjang pameran, naik 25% dari tahun 2021 lalu.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan, antusiasme masyarakat Jawa Timur terhadap mobil listrik, ternyata juga sangat tinggi. "Lebih dari 30 ribu pengunjung hadir selama 5 hari penyelenggaraan, tentu sangat kami banggakan," terangnya. Ini dapat memberikan dorongan signifikan bagi pencapaian industri otomotif.

Berdasarkan pilihan pengunjung, dengan cara voting yang disediakan oleh penyelenggara, Hyundai berhasil memenangkan kategori favourite booth, dengan luas lebih dari 250 meter.

Suzuki juga menjadi terfavorit, luas booth kurang dari 250 meter, serta Astra Financial, memenangkan kategori favourite booth dari industri pendukung.

Baca Juga : Meningkat 30 Persen, GIIAS 2022 Dapat Apresiasi Dari Kemenperin

Test drive Wuling Air ev

Favourite car dengan kategori EV diraih Hyundai Ioniq 5, kategori MPV Hyundai Stargazer, kategori SUV adalah Lexus RX HEV. Untuk kategori Sedan MG 5 GT. Sepeda motor terfavorit Honda CMX500 Rebel kategori Big Bike 250 cc dan Honda ADV 160 untuk kategori Daily Bike.

GIIAS juga memberikan penghargaan pada kategori most driven car, atau mobil yang paling banyak dikendarai, melalui program Test Drive GIIAS Surabaya, diraih Wuling Air EV.

Rangkaian GIIAS The Series masih belum selesai. Kota selanjutnya yang bakal jadi tujuan adalah Medan. Merek-merek kendaraan penumpang akan hadir pada pada Oktober mendatang.