Penjualan Perangkat Robotik Honda Tinggal Selangkah Lagi

Penjualan Perangkat Robotik Honda Tinggal Selangkah Lagi Honda Walking Assist Device (dok. HPM)

KabarOto.com - Perangkat Honda Walking Assist Device (HWAD) berhasil memperoleh meraih pre-market notifications dari lembaga US Food and Drug Administration (FDA), pada Kamis (10/1/2019) di Ohio, Amerika Serikat.

Lisensi tersebut merupakan persyaratan untuk pendistribusian alat-alat medis di Amerika Serikat, meskipun saat ini Honda belum mengumumkan rencana aktual untuk penjualan alat bantu jalan tersebut.

Honda Walking Assist Device adalah perangkat robotik yang berfungsi membantu setiap individu yang masih memiliki kemampuan untuk berjalan, namun memiliki keterbatasan karena disebabkan beberapa hal, di antaranya penyakit stroke.

Perangkat HWAD dipakaikan secara melingkar di pinggang dan betis penggunanya, untuk mendukung pola jalan kaki yang lebih simetris dan efisien sehingga pengguna dapat berjalan kaki dengan lebih cepat dan lebih jauh. Perangkat HWAD telah terbukti mendukung penyembuhan pada neuromuscular, dengan pengawasan dan pelatihan dari ahli kesehatan.

Baca juga: Honda Pamerkan Teknologi Canggih Dengan Berbagai Konten Online Di Ajang CES 2019

“Honda R&D memiliki tujuan untuk menciptakan teknologi yang memudahkan kehidupan manusia, dan dengan diterimanya lisensi dari FDA merupakan salah satu pencapaian bagi kami. Kedepannya, kami akan terus menciptakan beragam produk yang dapat membantu mobilitas lebih banyak orang,” jelas Frank Paluch, President Honda R&D Amerika.

Perangkat Honda Walking Assist Device bekerja dengan mendeteksi posisi sendi pinggul saat berjalan, dengan sensor yang terletak di sisi kiri dan kanan. Alat ini memandu pergerakan anggota tubuh bagian bawah dengan menciptakan dorongan pada bagian kaki.

Perangkat HWAD dapat mendeteksi tingkat keseimbangan antara kaki kiri dan kaki kanan, gerakan pada pinggul, kecepatan berjalan dan paramater lainnya, serta menggabungkan seluruh hasil tersebut dalam pengukuran historikal sehingga pola perkembangan pengguna dapat dianalisa menggunakan komputer.

“Alat ini terbukti mampu mendorong perkembangan pasien menjadi lebih cepat, baik dari lebar langkah kaki, kecepatan berjalan, keseimbangan saat berjalan, dan lainnya. Honda Walking Assist Device memberikan banyak manfaat dan kesempatan untuk berkembang lebih baik,” jelas peneliti di Shirley Ryan AbilityLab, Dr. Arun Jayaraman, PT, PhD.

Baca juga: Honda Kampanyekan Aman Dan Nyaman Berkendara Lewat Buku

Pada November 2015, Honda mulai menyewakan Walking Assist Device untuk klinik rehabilitasi di Jepang, dan saat ini alat tersebut digunakan di 250 fasilitas kesehatan di Jepang. Sebelumnya, Honda juga telah memperoleh sertifikasi di Eropa (CE) pada Januari 2018, yang menjadi persyaratan dalam mendistribusikan dan menjual alat medis di negara-negara Eropa.

Riset mengenai Honda Walking Assist Device dimulai pada 1999 dan telah berkontribusi terhadap penelitian atas kemampuan berjalan manusia, yang sekaligus mendukung terciptanya robot ASIMO. Honda bekerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan dan institusi riset untuk mengumpulkan banyak data yang relevan, serta menghabiskan waktu lebih dari satu tahun saat mengajukan izin lisensi ke FDA yang memiliki kewenangan dalam regulasi alat-alat medis.