POPULAR STORIES

Penting Nih Untuk Wanita Saat Mengendarai Motor

Penting Nih untuk Wanita Saat Mengendarai Motor Wanita sudah banyak yang mengendarai motor di jalan raya. (Foto:Istimewa)

KabarOto.com - Pengendara sepeda motor saat ini bukan hanya pria saja, wanita juga sudah banyak yang mengendarai motor di jalan raya. Kali ini, kabaroto akan memberikan informasi penting untuk pengendara wanita saat berada di jalan raya.

Satu hal yang penting diantaranya menggunakan safety gear atau perlengkapan berkendara yang aman, seperti helm. Tujuannya untuk melindungi kepala dari benturan atau pentalan batu ketika berada di jalan.

Baca Juga: Tips Berkendara Motor Aman Bagi Pemula

Selain itu hindari menggunakan rok baik yang panjang atau pendek saat mengendarai motor atau dibonceng. "Kalau pakai rok peluang untuk cedera serius pada saat jatuh semakin besar. Mending pakai jelana sih," papar Doddy Setiadi, Instruktur keselamatan berkendara dari Safety & Defensive Driving Consultant Indonesia (SDCI).

Selain tu rok yang panjang juga bisa tersangkut di ban atau rantai motor. Ini sangat berbahaya, banyak sudah kecelakaan yang disebabkan oleh hal itu.

Pengendara Wanita yang mengkampanyekan safety riding.

Dody juga menyarankan pengemudi perempuan selalu menggunakan jaket minimal berbahan denim, tujuannya untuk mengurangi resiko cedera saat terjatuh. Lebih aman lagi menurutnya menggunakan jaket kulit.

Jika hujan, jangan pernah menggunakan payung saat mengendarai motor, walau jaraknya dekat. Karena keseimbangan bisa saja hilang dan tentu akan membuat celaka.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Kelistrikan Motor Di Musim Hujan

Gunakan jas hujan setelan baju dan celana. Sebisa mungkin jangan pakai ponco jubah. Bentuknya yang rumbai-rumbai kebawah berbahaya, bisa tersangkut di ban atau rantai, pengendara bisa jatuh dan celaka.

Dan yang terakhir menurutnya nyalakan lampu sein jauh sebelum berbelok. Tidak disarankan menyalakan lampu sein secara mendadak. Bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain, jika pengendara yang ada dibelakang kaget maka bisa tertabrak.