Tips Mudah Merawat Kelistrikan Motor Di Musim Hujan

Tips Mudah Merawat Kelistrikan Motor di Musim Hujan Kelistrikan pada motor (foto: istimewa)

KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba. Bagi anada pengendara motor komponen sepeda motor harus dijaga dari air hujan. Yang harus dilindungi pertama adalah sistem kelistrikan. Jika sistem ini sudah terganggu dengan air, maka fungsinya akan berkurang. Jika sudah begitu, maka jangan heran jika sewaktu-waktu motor anda mendadak mogok.

Walau standar pabrikan sudah melindungi sistem kelistrikan, namun anda harus mewaspadai dan menjaganya. Dwayne Racing memberikan beberapa tips merawat dengan simple sistem kelistrikan.

Baca Juga:

Yang pertama adalah cek kondisi kabel. Selongsong kabel yang terbuat dari karet biasanya akan getas atau mengeras. Jika mengeras biasanya akan retak. Kalau ada kawat yang keluar dari kabel segera tutup dengan selotip khusus kabel. Karena kalau sudah korslet akan terjadi grounding, arus aki akan tersedot keluar dan aki akan cepat soak.

Jangan lupa periksa soket-soket sambungan antar kabel. Ini rawan berkarat jika sering terkena air. Untuk merawatnya anda tinggal semprotkan cairan penghilang karat agar kerak korosinya hilang. Karena jika komponen ini sudah berkarat, daya hantar listrik tidak akan sempurna dan busi tidak bisa membakar bensin dengan sempurna, tenaga berkurang dan bbahan bakar menjadi boros.

Kalau mau lebih yakin lagi, soket-soket yang sudah berkerak bisa disikat dengan sikat kawat atau diamplas sampai keraknya habis. Kalau soket sudah menguning dan terlihat gosong, Anda bisa langsung saja menggantinya dengan yang baru.