Jangan Isi Radiator Dengan Air Dingin Saat Mesin Overheat

Jangan Isi Radiator dengan Air Dingin saat Mesin Overheat Foto: www.google.com

KabarOto.com - Panas merupakan musuh mesin. Kerusakan mesin yang disebabkan panas bisa menjadi bencana. Bahkan, bila tak ditangani sesegera mungkin bisa menyebabkan kerusakan total.

Selain itu, ketika mesin mobil panas dan menyebabkan mobil berhenti akan mengganggu perjalanan Anda.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, KabarOto.com memberikan beberapa tips untuk mencegah kerusakan sampai Anda bisa memperbaikinya:

- Jika air radiator bocor, Anda harus selalu mengisinya. Berhenti di tempat di mana Anda bisa mengambil air. Banyak bengkel mengijinkan Anda melakukan hal ini.

Baca Juga:

- Tutup radiator akan rusak setelah penggunaan selama 8 tahun. Jika mobil Anda sudah berusia 8 tahun, ganti tutup radiatornya meskipun belum rusak.

- Jika Mesin Anda overheating karena beban berlebih, di tanjakan atau membawa gadengan, lebih baik berhenti di pinggir jalan, buka kap mesin dan tunggu sampai dingin.

Jika kipas diputar oleh belt, gaslah mobil Anda hingga 2500 - 3000 RPM untuk mendinginkan radiator saat mesin tidak menarik beban. Ini lebih efektif daripada mematikan mesin, karena panas hanya akan berkurang dengan pasif. Bila air radiator habis, Anda harus mematikan mesin dan membuka kap mesin agar mesin cepat dingin.

- Jika mobil Anda menggunakan kipas elektrik, Anda bisa mengaktifkannya saat mesin mati dengan cara memutar kunci kontak ke ON tanpa menyalakan mesin.

- Jika belt pompa air radiator putus, Anda tidak bisa melanjutkan perjalanan karena air tidak bersirkulasi, lebih baik memanggil mobil derek untuk diperbaiki di bengkel.

- Jika mungkin, gunakan campuran air anti-beku pada radiator. Air biasa hanya diijinkan untuk kondisi darurat, saat semua sudah aman, kuras dan isi kembali radiator dengan cairan coolant.

- Jika Anda berada di lalu lintas padat, Anda bisa membuka sedikit kap mesin dengan menarik tuas dari dalam kabin. Kap mesin akan tetap terkunci namun ada celah kecil yang mengijinkan angin masuk lebih banyak.

Anda bisa melihat hal ini banyak dilakukan oleh Taxi dan mobil polisi pada saat cuaca panas. Namun hati-hati saat melewati lubang karena kap mesin bisa terbuka karena guncangan.

- Bawalah mobil Anda ke bengkel segera karena metode di atas ini hanya untuk keadaan darurat, bukan untuk jangka panjang.

- Dalam kasus ekstrim, beberapa mesin akan tetap menyala saat Anda mematikan kunci kontak. Ini terjadi karena mesin terlalu panas sehingga pengapian tetap terjadi tanpa api dari busi. Pada kondisi ini, angkat rem tangan, masukkan gigi perseneling. Ini akan menghentikan mesin secara kasar.

Perlu Anda perhatikan, bila saat mengisi radiator saat mesin panas, jangan gunakan air dingin karena akan merusak blok mesin. Jadi gunakan air dengan suhu normal. Juga janganlah membuka tutup radiator saat mesin panas untuk mencegah luka bakar serius.

Oleh karena itu selalulah merawat mobil Anda secara berkala, jangan biarkan mesin mobil Anda rusak karena overheating.