POPULAR STORIES

Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat

Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Penyebab kopling mobil berat (Foto: KabarOto)

Kopling merupakan komponen dalam sebuah kendaraan yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke trasmisi. Bagi pengguna kendaraan matic, mungkin tidak terlalu dipusingkan ketika sedang berada dalam kemacetan. Namun pengguna transmisi yang masih manual mungkin akan cukup menjengkelkan ketika sedang berada di kemacetan, apalagi ditambah dengan keadaan pedal kopling yang keras atau bermasalah. Yang pasti akan berpengaruh pada kenyamanan anda saat berkendara.

Kondisi pedal kopling yang keras ini sebenarnya dipengarui oleh beberapa hal, namun sebagian besar dikarenakan kurangnya perawatan serta perilaku dalam mengemudi. Cara mengemudi yang baik sebenarnya jangan meletakan kaki diatas pedal kopling karena akan mempercepat keausan pada pelat kopling. Keausan pada pelat kopling bisa menyebabkan pedal kopling terasa keras saat di injak. Selain itu ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan pedal kopling keras yang diantaranya:

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras:

1. Free Play terlalu kecil

Setelan kopling yang baik adalah saat pedal kopling ditekan full, gigi transmisi bisa dipindah dengan halus. Saat pedal kopling diangkat sebelum 50 % maka mobil sudah bisa bergerak. Jika free play atau gerak bebas terlalu kecil maka jarak tekan menjadi besar sehingga pengemudi cenderung merasakan berat atau keras saat pedal kopling diinjak.

2. Pegas Kopling sudah uzur

Baik pegas koil maupun pegas diafragma yang ada di kopling, jika kondisinya sudah jelek maka tentu akan mengakibatkan pedal kopling menjadi keras. Solusinya harus di ganti yang baru, untuk pegas diafragma atau yang juga disebut matahari kopling.

3. Release Bearing Kotor

Jika terdapat kotoran pada release bearing maka akan mengganggu pergerakanya. Solusinya bisa dengan menyemprotkan cairan anti karat secukupnya. Dengan begitu pergerakan release bearing akan lancar sehingga peda kopling akan ringan kembali.

Untuk lebih baiknya, agar keadaan kopling mobil anda tetap baik dalam penggunaannya, sebaiknya selalu adakan pengecekan dan pemeliharaan secara teratur, agar kondisinya selalu dalam keadaan prima.

baca juga: