POPULAR STORIES

Penyebab Raikkonen Kalah Dari Hamilton Di GP Italia 2018

Penyebab Raikkonen Kalah dari Hamilton di GP Italia 2018 Kimi Raikkonen (Foto: Mark Thompson/Getty Images Europe)
KabarOto.com - Kimi Raikkonen gagal memberikan kemenangan untuk Scuderia Ferrari pada home race tim tersebut di Sirkuit Monza, Italia, Minggu (03/09). Dia hanya finis posisi kedua atau kalah 8,705 detik dari pemenang lomba Lewis Hamilton.
Fakta Raikkonen hanya finis kedua menandakan Ferrari sudah puasa gelar juara GP Italia sejak tahun 2010. Kala itu kemenangan dipersembahkan Fernando Alonso. Finis kedua GP Italia sebenarnya menandakan Raikkonen telah naik podium F1 sebanyak 100 kali.
Tentu saja alangkah lebih sempurna bila saat naik podium 100 kali, ia bisa menang di lomba kandang Ferrari. Terlebih sepanjang lomba GP Italia, Raikkonen sempat memimpin lomba dalam jangka waktu lama.
Sebelum akhirnya, duo Mercedes AMG Petronas: Hamilton dan Valtteri Bottas memainkan strategi untuk menekan Raikkonen. Pembalap asal Finlandia itu menuturkan ban mobil geberannya sudah aus di penghujung lomba. Sehingga tidak bisa menjaga Hamilton tetap di belakang.
"Saya tidak berpikir ada perbedaan besar antara 99 dan 100 podium, itu hanya sebuah angka. Saya lebih memilih untuk meraih kemenangan. Tapi sayangnya itu tidak terjadi. Karena ban sudah habis," ungkap Raikkonen.
"Sama sekali tidak ada momen di mana saya bisa bersantai sehingga menjaga ban sampai finis. Kami harus terus menekan. Ini bukan sebuah bencana tapi hanya sesuatu yang tidak kami harapkan terjadi," tambah juara dunia F1 2007 itu.
Podium kedua, menambah poin Raikkonen menjadi 164 dan masih bercokol di urutan tiga klasemen. Dia berselisih 92 poin dari pimpinan klasemen, Hamilton. Adapun posisi dua klasemen ditempati rekan setim Raikkonen, Sebastian Vettel dengan torehan 226 poin.
(Tri Wahyu Andika)