POPULAR STORIES

Perangi Covid-19, Astra Donasikan Perlengkapan ICU Dan HCU

Perangi Covid-19, Astra Donasikan Perlengkapan ICU dan HCU Astra

KabarOto.com - Astra donasikan perlengkapan ICU dan HCU tahap ke-2 ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM), (30/4/2020). Perlengkapan medis fasilitas intensive care unit dan isolasi ketat/high care unit itu diserahkan guna penanganan pasien positif virus Corona atau Covid-19.

Astra donasikan perlengkapan ICU dan HCU tahap ke-2 itu senilai Rp 30 Miliar. Selain kepada RSCM, Astra menyerahkan bantuan perlengkapan medis juga kepada Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Hingga saat ini, Astra telah menyerahkan bantuan tahap awal, kedua, dan ketiga senilai total Rp 106 miliar.

Penyerahan perlengkapan medis secara simbolis dari perwakilan Astra kepada Direktur Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, yang disaksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto, perwakilan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Baca Juga: Mitra Binaan Astra Honda Motor Produksi Masker Di Tengah Wabah Corona

“Astra senantiasa proaktif untuk mendukung upaya pemerintah, masyarakat serta tenaga medis dalam mencegah penyebaran Covid-19. Donasi bertahap tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dalam mempercepat penanganan pasien positif Covid-19. Tentu kita semua berharap agar pandemi ini segera berakhir,” ungkap Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto.

Perlengkapan medis yang diserahkan Astra hari ini antara lain, 20 tempat tidur ICU dan 75 tempat tidur HCU, 128 slices MSCT scan, 1 digital mobile x-ray, 20 ventilator, 95 monitor tempat tidur, 105 infusion dan syringe pump, EKG dan defibrillator, central monitor, oxygen mobile, dan kelengkapan pendukung lainnya.

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya merupakan dua rumah sakit rujukan pemerintah di dua kota terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas gedung yang belum dimanfaatkan secara penuh.

Perlengkapan medis tersebut diharapkan dapat meningkatkan fasilitas medis dua rumah sakit tersebut dalam menangani pasien positif Covid-19.

Dukungan Astra dalam menangani penyebaran Covid-19 ini sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk “sejahtera bersama bangsa.