POPULAR STORIES

Perawatan Sederhana Hindarkan Masalah Mobil Sobat Saat Mudik

Perawatan Sederhana Hindarkan Masalah Mobil Sobat Saat Mudik KabarOto/ BP

KabarOto.com - Mudik Lebaran menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idhul Fitri. Selain menggunakan trasnportasi umum, tidak sedikit masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai kampung halaman.

Bagi Sobat yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, alangkah baiknya mulai dari saat ini sudah mempersiapkan kondisi kendaraannya agar mudik aman dan nyaman.

Selain menjaga kebersihan interior dan memastikan ban serta rem kendaraan dalam kondisi baik, merawat mesin sangatlah penting dan dianjurkan. Berikut 5 tips merawat mesin mobil dari BP AKR.

Baca juga: Ini Kelebihan Dan Kekurangan Head Unit Android Mobil

1. Panaskan Mesin Kendaraan Setiap Hari

Usahakan untuk menyalakan mesin kendaraan setiap pagi, atau minimal 2 kali seminggu. Panaskan selama maksimal 5 menit, agar komponen mesin selalu terlumasi dan mencegah korosi.

2. Mengganti Oli Mesin

Sebelum berangkat, pastikan kondisi oli mesin berada pada volume yang cukup atau penuh agar tidak ada sisa ruang yang dapat menyebabkan embun yang dapat merusak mesin.

Oli membantu menjaga bagian-bagian penting mesin tetap terlumasi dengan baik dan menjaga temperatur mesin.

Periksa buku manual kendaraan Sobat untuk melihat interval penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

3. Mengganti Filter Udara

Filter udara mencegah partikel masuk ke mesin yang dapat menyebabkan kerusakan.

Filter udara yang bersih membantu menyalurkan udara segar yang dibutuhkan mesin agar terus bekerja seperti yang diharapkan.

Menjaga filter udara tetap bersih akan menjauhkan partikel debu tersebut dari mesin kendaraan Anda.

Baca juga: Begini Kelebihan Filter Udara Berbahan Stainless

4. Cek Air Radiator

Fungsi utama radiator ialah menjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Perjalanan jauh dapat membuat mesin mobil rentan panas.

Pastikan volume air radiator agar mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin.

5. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Mesin kendaraan yang bersih dan terawat tentunya akan memberikan banyak keuntungan yaitu tak hanya mesin menjadi lebih awet atau tidak mudah rusak, berkendara pun menjadi lebih aman, nyaman dan menyenangkan.

Memilih bahan bakar yang tepat, sesuai peruntukkan dan berkualitas merupakan salah satu tips penting untuk menjaga performa mesin.