POPULAR STORIES

Ini Kelebihan Dan Kekurangan Head Unit Android Mobil

Ini Kelebihan dan Kekurangan Head Unit Android Mobil Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Head unit zaman sekarang sudah punya kelengkapan yang komplet, dan fungsinya hampir mirip seperti smartphone karena berbasis Android. Namun apa kelebihan dan kekurangan dari head unit Android? Yuk kita bahas.

Kelebihan

Kelebihan head unit Android sudah mirip seperti smartphone, bahkan bisa digunakan untuk mendownload aplikasi baru, menggunakan koneksi teathering dari smartphone. Lalu jika memilih produk tepat, resolusi layarnya sangat jernih hingga 1080p, tampak lebih mewah.

Aplikasi seperti Google Assistant, browsing, bahkan kalkulator, perekam suara, dan sebagainya pun bisa dilakukan. Bahkan mungkin tidak bisa kita temukan di head unit yang belum menggunakan Android, walau harganya lebih mahal.

Baca Juga : Pasang Head Unit Android Di Mobil Eropa Lebih Rumit, Ini Sebabnya

Ukuran layar juga biasanya lebih besar dari bawaan standar mobil, misalnya dari 7, 9 hingga 10 inci dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Harganya pun dibilang lebih terjangkau, sekitar kurang lebih Rp 2 jutaan saja, namun Sobat KabarOto bisa mendapat fitur komplet.

Kekurangan

Head unit Android tidak sama seperti smartphone Android di pasaran. Pasalnya Android di head unit tidak bisa di-update. "Head unit Android berbeda dengan smartphone, kalau misalnya dapat Android 10, ya tidak bisa upgrade ke Android 11 dan seterusnya. Sehingga beberapa aplikasi yang butuh update, itu tidak bisa diperbarui," jelas Tara Owner Kiki Rotary Motor.

Pastikan spesikasi paling baru.

Lalu apakah berdampak signifikan dengan performa head unit? Jawabannya bukan dari performanya. Melainkan update aplikasi yang jadi masalah, misalnya ketika membuka navigasi, kemungkinan tidak update, sebab belum mendapatkan update peta jalan paling baru.

Baca Juga : Reparasi Airbag Pasca Kecelakaan Segini Biayanya

“Karena pemetaan itu kan selalu update, apalagi misalnya ada jalan baru, atau peraturan baru seperti ganjil genap. Jika aplikasinya tidak update maka jalan baru atau pengaturan ganjil genap itu belum ada,” jelasnya.

Oleh karena itu disarankan untuk memilih secara teliti sebelum membeli head unit. Pastikan Android-nya paling baru, dan kapasitas memory sesuai kebutuhan.