Reparasi Airbag Pasca Kecelakaan Segini Biayanya

Reparasi Airbag Pasca Kecelakaan Segini Biayanya Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Kecelakaan lalu lintas memang tidak terduga, namun biasanya mobil punya standar keamanan seperti airbag untuk melindungi pengemudi, dan penumpang untuk mengurangi cedera serius.

Namun selain bodi mobil yang rusak, airbag atau kantong udara yang aktif saat kecelakaan ini jadi masalah baru nih. Karena ketika aktif maka airbag mengembang bakal merusak cover, dan tidak bisa sembarangan dipasang, dan diaktifkan kembali.

Ilustrasi airbag aktif. Dok : Euro NCAP.

“Kita bisa reparasi airbag juga, jadi kalau airbag sudah pecah itu bisa kita kembalikan seperti semula lagi, dan aktif kembali,” papar Ade selaku owner dari Rafi Mobil.

Baca juga: Rafi Mobil Spesialis Modifikasi Setir Hadir Di Otobursa Tumplek Blek 2022

Namun perlu diingat ada beberapa komponen harus diganti, misalnya inflator untuk mengisi gas di airbag, lalu airbag-nya sendiri pun harus diganti karena kalau sudah pecah itu tidak dapat diperbaiki.

Ilustrasi seatbelt tensioner terkunci. Dok : Euro NCAP.

Komponen yang bisa diperbaiki misalnya modul airbag, itu dapat di-reset jika kondisinya masih bagus. Lalu cover di setir atau di dasbor dapat diperbaiki namun hasilnya akan terlihat, jika ingin lebih sempurna maka wajib ganti baru. Serta seatbelt tensioner biasanya akan mengunci, maka harus di bongkar supaya bisa berfungsi lagi.

Baca juga: Cari Sparepart Dan Aksesori Suzuki Jimny? Yuk Ke Otobursa Tumplek Blek 2022!

Untuk biaya harganya pun lumayan merogoh kocek nih mengingat wajib mengganti beberapa komponen. “Biaya perbaikannya tergantung tipe mobilnya apa, mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 15 jutaan itu semuanya terima beres, dan berfungsi normal kembali,” jelas Ade.