POPULAR STORIES

Tips Merawat Head Unit Supaya Enggak Cepat Rusak

Tips Merawat Head Unit Supaya Enggak Cepat Rusak Tips Merawat Head Unit. (Foto: Eggi/KabarOto)

KabarOto.com - Sobat pasti merasakan betapa serunya memiliki head unit yang proper di dalam mobil. Dengan segala fiturnya, head unit membuat perjalanan kita semakin terhibur karena bisa mendengarkan musik serta streaming video. Dibalik fungsi yang memanjakan pengendaranya, dibutuhkan cara merawat yang benar agar head unit berjalan tanpa kendala.

Merawat Head Unit penting dilakukan supaya Sobat tidak mengeluarkan uang untuk membeli yang baru ketika head unit rusak, head unit bisa berjalan lancar dengan koneksi yang dimiliki. Lalu hal lain apa saja yang membuat kita harus merawat head unit agar tidak cepat rusak?

1. Bersihkan dengan Benar

Harus membersihkan dengan cara yang benar. Mulai dari layar hingga tombol tombolnya, bersihkan dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan.

Gunakan alat khusus elektronik dan lap mikrofiber untuk membersihkan layar, hindari penggunaan lap yang kasar karena bisa menyebabkan goresan. Dengan memahami teknik pembersihan yang benar, Anda dapat menjaga tampilan head unit tetap jernih.

2. Atur kabel dengan rapi

Menata kabel dengan teratur bukan hanya akan menciptakan tampilan yang rapi di sekitar head unit, agar kabel tidak tertarik secara tidak sengaja karena dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi head unit.

Gulung kabel tersebut, buatlah dengan berkelompok jika melibatkan banyak kabel, jangan terlalu erat ketika mengikatnya untuk mencegah kerusakan pada isolasi yang bisa mengakibatkan masalah kelistrikan. Pastikan kabel daya dan sambungan lainnya terpasang secara benar, sehingga memberikan perlindungan tambahan terhadap gangguan yang dapat memengaruhi kinerja head unit.

Baca Juga: Mobile Tech Eclipse, Head Unit Baru Layar QLED dan Memori Besar

3. Jangan lupa update software atau firmware

Secara berkala, periksa apakah ada pembaruan firmware atau perangkat lunak yang telah dirilis oleh produsen head unit. Jika ada lakukan update.

Melakukan pembaruan ini tidak hanya membantu memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan, tetapi juga dapat memperkaya fitur dan fungsi yang tersedia. Pastikan untuk mengikuti instruksi pembaruan dengan teliti dan pastikan kendaraan memiliki daya baterai dan memori yang cukup selama proses tersebut.

Baca Juga: Alat Kecil Ini Bikin Head Unit Kamu Jadi Android

4. Jangan terpapar sinar matahari secara langsung

Hindari menempatkan kendaraan di bawah paparan langsung sinar matahari supaya head unit tidak panas yang berlebihan. Ada cara lain Sob, upayakan untuk memarkir kendaraan di tempat yang teduh atau gunakan pelindung jendela khusus.

Kalau memungkinkan, aplikasikan kaca film untuk mengurangi paparan langsung sinar UV yang dapat merusak komponen elektronik.

Baca Juga: Apa Itu Kabel Canbus? Fungsi, Kualitas, dan Tips Memilihnya untuk Head Unit Mobil

Cara Lain yang Menunjang Perawatan Head Unit

  1. Jaga kebersihan interior mobil secara rutin
  2. Pasang pelindung layar atau tutup head unit saat tidak digunakan
  3. Cek tanda-tanda kerusakan misalnya ada tampilan yang tidak normal hingga gangguan lain.
  4. Lakukan servis dengan teknisi berpengalaman, jika diperlukan
  5. Cek kabel-kabel jangan sampai ada yang terputus untuk mencegah kerusakan
  6. Mengamati secara dini potensi masalah untuk mencegah kerusakan lebih lanjut
  7. Jangan habiskan memory yang terdapat pada head unit modern agar terhidar dari respon yang yang lambat.