POPULAR STORIES

Perbaikan Mobil Mick Schumacher Habiskan Dana Miliaran

Perbaikan Mobil Mick Schumacher Habiskan Dana Miliaran

KabarOto.com – Pembalap Haas, Mick Schumacher tidak bisa mengikuti sesi kualifikasi GP Monako pada Sabtu (22/05) kemarin, setelah pada sesi latihan bebas ketiga, ia mengalami kecelakaan hebat sehingga sebagian sasisnya mengalami kerusakan parah.

Bagian kiri sasis Haas VF-21 miliknya mengalami kerusakan berat, hal itu terjadi ketika Mick memasukin belokan area Casino, Circuit de Monaco. Ia kehilangan kontrol sehingga menabrak dinding pembatas.

Baca juga: Mobil F1 McLaren MP4-25A Milik Lewis Hamilton Dilelang Rp100 Miliar

Akibat kerusakan tersebut para teknisi dan mekanik Tim Haas tidak memungkinkan memperbaiki mobil tersebut dalam waktu dua jam. Oleh karena itulah Mick Schumacher menempati posisi paling akhir pada start di Monako kemarin.

Kepala tim Haas, Gunther Steiner mengatakan, “Kerusakannya memang cukup berat, seperti yang bisa Anda lihat.Sayap depan-belakang, suspensi kiri, dan sidepod, semua rusak parah. Tetapi, sasis masih utuh. Jadi, kami tidak perlu mengubah sasis kendati komponen lainnya mengalami kerusakan berat."

Baca juga: Alpine Sudah Bicarakan Masa Depan Esteban Ocon

Nah lalu berapa sih biaya yang digelontorkan demi memulihkan mobil tersebut? Steiner menjelaskan, total biaya untuk memperbaiki sasis Haas VF-21 milik Mick Schumacher berada di kisaran US$ 300.000 hingga US$ 500.000. Itu berarti apa bila dikonversi ke rupiah mencapai Rp 4,2 miliar hingga Rp 7,1 miliar.

“Itu gambaran untuk kerusakan seperti yang terjadi pada mobil Schumacher. Sayap depan saja bisa menghabiskan US$ 150.000 (atau setara Rp 2,1 miliar),” ujar Steine.

Namun setidaknya Mick bisa mengikuti balap walau memang tidak merubah tempatnya berada diurutan paling belakang yakni 18, setelah dua pembalap lain seperti Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas) dan Charles Leclerc (Ferrari) tidak dapat menyelesaikan lomba.