POPULAR STORIES

Perebutan Titel Juara Dunia Formula 1 2019 Berakhir Di Amerika

Perebutan Titel Juara Dunia Formula 1 2019 Berakhir di Amerika Formula 1

KabarOto.com - Perebutan titel Juara Dunia Formula 1 musim 2019 antara Lewis Hamilton dan Vatteri Bottas berakhir di seri Amerika Serikat, (3/11). Meski finis posisi dua, Hamilton menambah piala Juara Dunia F1 untuk keenam kalinya.

Bottas memang berusaha kuat sejak awal pekan balapan agar bisa bertengger di Pole Position yang memungkinkan menguntungkan dirinya memimpin balapan tanpa terganggu pembalap di depan saat start.

Baca juga: Duo Mercedes Kembali Tampil Gemilang Di GP F1 Inggris

Start F1 Amerika 2019 dipimpin Valtteri Bottas


Sementara itu bagi Hamilton yang start balapan dari posisi lima menjadi pekerjaan berat. Dirinya sempat mengungkapkan balapan akan cukup merepotkan dengan menyalip dua pembalap Ferrari dan Red Bull serta mengejar Bottas. Meskipun cukup finis posisi delapan, Juara Dunia F1 sudah bisa di tangan.

Pasca menyentuh garis finis Hamilton berujar, "Ayah ketika saya berusia enam atau tujuh tahun berpesan agar jangan mudah menyerah dan ini menjadi motto keluarga. Saya tak tahu apa itu Juara Dunia, tapi sebagai atlet saya merasa sangat bersemangat saat ini. Saya siap untuk balapan, kita akan terus berusaha."

Lewis Hamilton usai Finis di posisi dua F1 Amerika 2019


"Balapan yang sangat penuh perjuangan kali ini. Valtteri lakukan balapan yang sangat luar biasa," sanjung Hamilton atas kemenangan yang diraih Bottas.

Valtteri Bottas usai raih Pole Position

Adapun Bottas meski pupus untuk mewujudkan dirinya sebagai Juara Dunia memberikan selamat kepada Hamilton yang juga rekan setim di Mercedes-AMG Petronas, "Senang bisa menang di sini. Mobil sangat kencang dan pekan balapan yang sangat bagus. Ucapan luar biasa buat Lewis. Masih ada kesempatan buat saya tahun depan, dirinya memang patut meraihnya."

Perolehan Titel Juara Dunia Lewis Hamilton dekati Michael Schumacher

Juara Dunia F1 yang diraih Hamilton sebanyak enam kali tinggal satu kali lagi menyamai legenda balap 'Jet Darat' Michael Schumacher sebanyak tujuh kali. Lewis telah melampaui pembalap legenda lainnya, Juan Manuel Fangio (5 kali), Alain Prost (4 kali), dan Sebastian Vettel (4 kali).

Semenjak bergabung dengan Mercedes tahun 2007, pembalap kelahiran Inggris tahun 1985 ini langsung bertengger di posisi dua Juara Dunia. Setahun berikutnya gelar Juara Dunia F1 2008 berhasil diraihnya. Lima musim berlanjut tanpa gelar, baru pada F1 2014, 2015, 2017, 2018, dan 2019 kemenangan tanpa henti diraihnya.

Baca juga: Hamilton Mendedikasikan Pole Position di GP Monaco untuk Niki Lauda

Sepanjang musim F1 2019, Lewis berhasil naik podium sebanyak 16 kali dari 19 seri yang sudah digelar, masih tersisa seri di Brasil dan Abu Dhabi. Total peroleh sepanjang musim 381 poin unggul jauh dari Valtteri yang hanya punya 314 poin.