POPULAR STORIES

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Kompresor AC Bekas

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Kompresor AC Bekas Membeli kompresor AC bekas sebaiknya perhatikan beberapa hal agar tidak mengalami kekecewaan (Foto: Istimewa)

Kabaroto.com - Bila memiliki mobil tua mungkin akan sering mengalami hal ini, kompresor AC mobil sudah sering bermasalah?. Dan satu solusinya dengan membeli kompresor AC bekas, dalam membeli kompresor AC bekas sebaiknya perhatikan beberapa hal agar tidak mengalami kekecewaan.

Hal yang mesti diperhatikan saat membeli kompresor AC bekas diantaranya kualitas, harga dan lokasi lokasi dimana kita harus membeli, karena berbeda lokasi akan berdampak pada harga dan kualitas barang tersebut.

Kualitas: Hal paling mendasar ketika akan membeli kompresor AC mobil bekas adalah jangan pernah membeli kompresor AC mobil yang bermasalah, mintalah izin untuk mengetes performa kompresor tersebut sebelum anda membelinya. Anda juga perlu mengenali ciri-ciri kompresor AC mobil yang bermasalah. Sedikitnya ada 4 ciri-ciri dari sebuah kompresor yang bermasalah, yaitu:

1. Bunyi kasar pada piston, yang bertanda kompresor sebenarnya sudah jebol dan rekondisi.
2. AC kurang dingin saat mobil di RPM rendah, artinya ada masalah pada kompresi kompresor (kompresi sudah tidak stabil).
3. Banyak terdapat karat/korosi, yang berpotensi mengalami kebocoran sebelum lama digunakan.
4. Kompresor dengan magnetic clucth mati, artinya ada masalah pada kompresor AC tersebut

Namun banyak sekali kompresor AC bekas yang masalahnya baru akan terlihat/terasa setelah 1 minggu hingga 6 minggu pembelian. Maka dari itu sebaiknya Anda dan pembeli adakan perjanjian jual beli dan bergaransi, seperti:

- Hanya membeli kompresor AC bekas jika diberikan jaminan garansi produk.
- Hanya membeli kompresor AC bekas dengan merk berkualitas.

Harga

Selain melihat kualitas dari kompresor AC bekas tersebut, harga adalah hal lain yang perlu anda perhatikan. Banyak sekali pembeli yang tidak mengetahui harga pasaran dari barang bekas yang hendak dibeli.

Oleh karena itu, sebelum membeli anda juga harus mencari tahu dan memastikan harga pasaran dari barang tersebut. Untuk kompresor bekas dalam kondisi baik dengan pemakaian hanya beberapa bulan, umumnya harga berkisar di angka 70-80% dari harga kompresor baru.

Untuk kompresor bekas dalam kondisi baik dengan pemakaian sudah lewat 1 tahun, umumnya harga berkisar di angka 60-70% dari harga kompresor baru.

Untuk kompresor bekas dalam kondisi baik namun memerlukan sedikit perbaikan sebaiknya tidak perlu dibeli meskipun harganya murah. Sebab kompresor tersebut berpotensi memiliki kerusakan lainnya yang tidak atau belum terdeteksi.

Tempat membeli

Belilah kompresor AC baik baru maupun bekas di toko-toko/bengkel yang terpercaya dan dengan pelayanan yang baik. Hal ini akan membantu anda untuk :

- Mendapatkan tawaran produk terbaik.
- Klaim garansi yang lebih terjamin.