Perhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Roof Rack di Mobil Anda

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 12 Oct 2016 - 01:10
Perhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Roof Rack di Mobil Anda
Roof rack merk Whale ( Foto : Alif/KabarOto)

Rak atap mobil alias roof rack menjadi salah satu komponen paling diburu menjelang perjalanan jauh. Sebelum terlanjur memasangnya pada mobil kesayangan, ada baiknya perhatikan hal hal berikut ini.

Wira Sentosa pemilik toko aksesoris mobil SACS Asia Jaya yang beralamat di jalan Pondok Gede Raya, No. 24, Bekasi, menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang roof rack pada mobil anda. Perhatikan bahan materialnya terlebih dahulu, pastikan kuat, kokoh, memiliki las-lasan yang baik sehingga kuat menahan beban.

Bicara beban, meski roof rack kuat sebaiknya jangan membawa barang dengan bobot melebihi kemampuan mobil. Sesuaikan pula ukurannya dengan lebar atap mobil. “Misalnya beban maksimal Kijang Innova diesel adalah 600 kilogram, maka usahakan barang yang dibawa beserta barang di roof rack tidak boleh melebihi itu,” terang Wira.


Roofrack untuk SUV Ford

Lalu jangan kaget apabila setelah memasang roof rack dan meletakkan barang bawaan di atap konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih boros. Selain karena bobot menjadi lebih berat, itu juga dipengaruhi oleh hambatan aerodinamika, Wira menyarankan supaya memilih roof rack dengan warna senada mobil.

Sementara dilansir laman Astra Internasional, astra.co.id, sebaiknya mobil yang akan dipasang roof rack harus memiliki rel penyangga atau roof rail bawaan. Itu menandakan atap mobil tersebut memang didesain pabrikan untuk menopang beban berat. Di SACS Asia Jaya aksesoris roof rack untuk mobil dijual di kisaran harga Rp900.000 hingga Rp2 jutaan.

Baca Juga: