POPULAR STORIES

Perhatikan Ini, Cara Mudah Naik Motor Bagi Pemula

Perhatikan Ini, Cara Mudah Naik Motor Bagi Pemula

KabarOto.com - Sepeda motor menjadi alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk beraktivitas di masa pandemik Covid-19. Motor jenis matik saat ini menjadi kendaraan yang paling banyak dipakai.

Motor ini juga bisa digunakan oleh orang yang belum bisa naik motor, namun ingin menggunakan kuda besi agar tidak menggunakan kendaraan umum, yang bisa tertular Covid-19.

Baca juga: Tips 22 Poin Pengecekan Motor Wajib Sobat KabarOto Setelah Digunakan Berlibur

Jika Anda belum bisa naik motor, dan ingin lancar menggunakan motor matik Yamaha Riding Academy (YRA). PT. Thamrin Brothers selaku distributor motor Yamaha area Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan cara mudah.

Berikut tips belajar naik motor matik :

1. Kenali fungsi perangkat motor.

Seperti tuas rem depan di posisi kanan dan tuas rem belakang di posisi kiri. Selanjutnya side stand switch off, untuk menghidupkan sepeda motor standar samping harus dinaikkan. Kemudian menarik tuas rem untuk menghidupkan motor.

2. Kenali karakter motor.

Gas secara perlahan ketika akan berjalan dan rasakan gerakan di roda (motor matik pertama akan jalan agak lambat karena dirancang mulai berjalan di rpm tertentu).

Kemudian kenali karakter engine brake-nya, dikarenakan akan lebih kecil dari motor bebek dan sport. Lakukan pengereman secara halus agar lebih aman dan tenaga motor tidak mudah drop.

Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan secara maksimal terutama saat melewati jalan menurun. Jaga putaran mesin terutama saat akan mendahului dan melewati tanjakan agar lebih mudah melewatinya.

Baca juga: Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Nyaman Digunakan

Mengenali fungsi perangkat motor dan karakter motor dengan cepat saat belajar berkendara ini akan membuat Anda lebih aman. Selalu gunakan safety gear dan mematuhi peraturan lalu lintas. Lakukan perawatan motor matik secara rutin agar mendukung performanya lebih maksimal.