Peringati Hari Kartini, Ini Kata Para Srikandi Motorsport Indonesia

Peringati Hari Kartini, Ini Kata Para Srikandi Motorsport Indonesia Foto: Kipli

KabarOto.com - Setiap tahunnya, tanggal 21 April merupakan peringatan hari Kartini. Hari tersebut merupakan simbol perjuangan bagi perempuan untuk mempertahankan hak-hak mereka.

Indonesia sendiri punya 'Kartini' di dunia balap, para srikandi yang memperjuangkan nama bangsa hingga ke kancah internasional. Sebut saja pembalap serba bisa, Alinka Hardianti.

Putri dari pembalap senior Didi Hardianto tersebut mengutarakan isi hatinya menanggapi hari Kartini, "Kartini merupakan salah satu sosok yang memotivasi saya untuk bisa berprestasi, khususnya di bidang motorsport yang saya geluti ini dimana mayoritasnya adalah laki-laki," buka Alinka.

Baca Juga: Alinka Hardianti Tumbangkan Amandio, Rebut Gelar Juara Kejurnas Superdrift Seri I

“Emansipasi wanita, tapi nyatanya di dunia yang saya ikuti sekarang ini tidak demikian. Masih banyak pihak yang memandang sebelah mata terhadap perempuan. Kita belum dianggap benar-benar sejajar dengan para pria,” kata Istri dari pembalap speed offroad, Andi Baihaki itu.

"Ada juga yang bilang buat apa cewek balap, mendingan masak saja," curhat pembalap touring, slalom dan drift itu. Hingga akhirnya, ia bisa mematahkan opini publik yang merendahkan dengan segudang prestasi hingga ke dunia internasional.

Baca Juga: Apa Kata Pembalap Motor Wanita Sabrina Sameh Saat Resmi Gabung Toyota Team Indonesia?

Jika Alinka merasa demikian, lain halnya dengan Sabrina Sameh. Ia justru sangat optimis dengan perjuangannya di dunia motorsport, "Perjuangan Kartini untuk perempuan Indonesia turut mempengaruhi peningkatan kualitas hidup perempuan di Indonesia itu sendiri," buka pembalap motor yang baru bergabung di Toyota Team Indonesia itu.

"Untuk meneruskan perjuangan Kartini, kami sebagai kaum perempuan yang tangguh pun tak boleh berhenti untuk bergerak dan bekerja untuk mewujudkan mimpi," imbuhnya saat diwawancarai Kabaroto (21/4/2019).

"Yang bisa saya banggakan di olahraga motorsport yang didominasi pria ini adalah beberapa kali prestasi saya berada di atas mereka, apa yang sudah dilakukan ibu Kartini di masa lampau sangat memotivasi saya, tugas saya untuk meneruskannya," tutupnya. Nah, gimana nih, ladies? semangat ya!