POPULAR STORIES

Perjalanan Karir Miguel Oliveira, Pencetak Sejarah Pembalap Portugal Pertama Juara Di Kelas MotoGP

Perjalanan Karir Miguel Oliveira, Pencetak Sejarah Pembalap Portugal Pertama Juara di Kelas MotoGP

KabarOto.com – Nama Miguel Oliveira menjadi perbincangan setelah tampil impresif pada ajang MotoGP Styria, Austria. Pembalap Tim Red Bull KTM Tech 3 menjadi pembalap Potugal pertama yang menjadi juara di kelas MotoGP.

Pada balapan yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Miguel menjadi juara setelah memanfaatkan pertarungan sengit antara Jack Miller (Pramac Ducati) dan Pol Espargaro (KTM Red Bull) hingga tikungan terakhir.

Ketika memasuki tikungan 10, Pol dan Miller yang bertarung hingga akhir di posisi satu dan dua. Keduanya melebar akibat duel sengit di tikungan terakhir, Miguel yang ada di posisi ketiga memanfaatkan celah tersebut dan menyodok ke posisi pertama.

Baca Juga : Hypercar Hasil Kolaborasi Toyota Dan Gazoo Racing Segera Diproduksi

Sukses menjuarai MotoGP Styria, tidak banyak yang tahu kalau Miguel Oliveira ternyata seorang dokter gigi yang merupakan cita-cita sejak sejak kecil. Miguel akan menjalani profesi dokter gigi setelah pensiun dari dunia balap motor.

"Saya harus datang setiap pekan untuk melakukan praktik tertentu (dokter gigi), tapi saat ini tak memungkinkan (tidak memiliki waktu). Semoga bisa jika segalanya berjalan baik. Dengan begitu, saya bisa mengakhiri karier balap saya 15-20 tahun lagi, kemudian bekerja sebagai dokter gigi," kata Miguel Oliveira mengutip dari Motosport Total.

Soal karir di dunia balap, Miguel pernah turun di ajang Grand Prix 2011 dan turun di kelas 125 cc. Prestasinya finis di posisi 14 dengan koleksi 44 poin.

Pada tahun 1012 hingga 2015, Miguel konsisten tampil di kelas Moto3. Hasilnya, menempati posisi delapan tahun 2012, Keenam (2013), 10 (2014), dan kedua (2015).

Tahun 2016, Miguel naik kelas ke Moto2. Namun, gagal total setelah hanya menempati posisi 21. Setelah di rekrut KTM, Miguel bangkit pada tahun 2017-2018 dengan menempati posisi ketiga dan kedua klasemen terakhir.

Tampil apik di kelas Moto2, Miguel promosi ke Tim Red Bull KTM Tech 3 dan balapan di kelas MotoGP 2019. Hasilnya, Miguel Oliveira finis di posisi 17 dengan 33 angka.

Pada tahun kedua ini, Miguel sudah meraih 43 poin dari lima balapan yang sudah dilakukan. Artinya, pembalap berumur 25 tahun ini sudah melewati hasil tahun lalu.