Perjalanan Liputan Mudik KabarOto Etape 2, Yogyakarta Menuju Surabaya

Perjalanan Liputan Mudik KabarOto Etape 2, Yogyakarta Menuju Surabaya Perjalanan etape ke 2 (KO/Edo)

Kabaroto.com - Tak dapat dipungkiri, dengan adanya jalan tol Trans Jawa, perjalanan menuju antar kota khususnya di pulau jawa menjadi semakin nyaman dan tentunya waktu serta jarak tempuh juga menjadi singkat.

Berdasarkan hasil penelurusan tim KabarOto, yang diawali perjalanan dari kota Jakarta. Mayoritas kondisi jalan di tol Trans Jawa dalam kondisi mulus, meski belum sepenuhnya beraspal.

Setelah menjalani etape pertama dari Jakarta menuju Yogyakarta, tim liputan mudik KabarOto melanjutkan perjalanan etape kedua, yakni dari Yogjakarta menuju kota Surabaya.

Baca juga: One Way Hari Pertama Di Tol Jakarta-Cikampek Efektif Urai Kemacetan

Perlu diketahui, meski termasuk salah satu kota besar di pulau Jawa, dan termasuk salah satu kota favorit untuk berwisata, namun Yogyakarta tidak dilalui tol trans Jawa.

Sehingga, bila sobat KabarOto ingin menuju kota bakpia tersebut, harus keluar terlebih dahulu di exit tol Boyolali, untuk seterusnya menuju Yogja melewati kota Klaten melalui jalan provinsi dan nasional.

Gerbang tol Boyolali

Setelah bermalam di Yogyakarta untuk beristirahat, KabarOto pun bergegas menuju Surabaya. Kebetulan lokasi kami menginap tepat di tengah kota . Dengan bantuan aplikasi Google Maps, untuk menuju Surabaya kami diarahkan untuk menuju pintu tol Colomadu terlebih dahulu agar dapat melalui tol Trans Jawa.

Dari Yogyakarta, perjalanan menuju pintu tol Colomadu melewati rute yang sama dengan perjalanan ke kota Solo. Setelah melewati jalan raya Solo-Jogja, tim KabarOto terus melaju kearah timur menuju kota Klaten, lalu Sukoharjo dan seterusnya Kartosuro.

Perjalanan itu sendiri memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 60 KM. Setelah memasuki gerbang tol Colomadu, tim KabarOto melihat kondisi lalu lintas yang masih sepi.

Memiliki jalan yang mulus

Meski begitu, pengemudi harus tetap waspada, karena terik matahari di tol saat siang hari yang menerpa jalan beton yang mulus, dapat membuat mata lelah dan cepat mengantuk.

Sepanjang perjalanan, pengemudi bakal disuguhi pemandangan yang indah. Setelah melewati wilayah Ngawi, tim KabarOto memutuskan untuk beristirahat sejenak di salah satu rest area yang telah disediakan Jasa Marga.

Rest Area di KM 519 ini terbilang cukup besar, dilengkapi dengan Masjid yang cukup megah, Mini Market, kantin yang bersih dengan berbagai menu makanan, serta toilet khusus kaum disabilitas. Parkiran untuk kendaraan pun sangat luas.

Rest Area yang cukup luas

Puas beristirahat, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Perjalanan sejauh 741 KM tersebut dilalui dengan lancar, meski di beberapa bagian terasa guncangan akibat kontur jalan yang bergelombang.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 4 jam, kami pun sampai di kota Surabaya. Bila ditotal, biaya tol dari gerbang tol Colomadu hingga keluar tol Boyolali untuk menuju kota Surabaya membutuhkan biaya tol sebesar Rp 289 ribu.

Baca juga: Volume Kendaraan Meningkat, Jalur Contraflow Bergeser Di Tol Jakarta-Cikampek

Sebagai informasi, hingga kini pemerintah telah meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur dengan total panjang 59 KM. Antara lain Tol Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono (38 km), Jombang-Mojokerto seksi Bandar-Kertosono (1 km), Gempol-Pasuruan seksi 3 Pasuruan-Grati (14 km) dan Surabaya-Gempol seksi relokasi Porong-Gempol (6 km).

Sementara di Provinsi Jawa Tengah total panjang tol yang diresmikan sepanjang 142 Km yakni ruas Tol Pemalang-Batang segmen SS Pemalang-Paserakan (34 Km), Batang-Semarang (75 Km), dan Semarang - Solo segmen Salatiga-Kartasura (33 Km).