POPULAR STORIES

Perjalanan Mudik Jakarta-Semarang Bisa Lebih Dari 7 Jam

Perjalanan Mudik Jakarta-Semarang Bisa Lebih dari 7 Jam Perjalanan Jakarta - Semarang jika dilakukan sebelum tanggal 28 April hanya 7 jam (Foto: KO)

KabarOto.com - Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik ke kampung halaman untuk merayakan hari Lebaran 2022 bersama keluarga. Puluhan juta orang diprediksi akan mudik menggunakan berbagai mode transportasi, darat, laut dan udara.

Untuk jalur darat sendiri, fokus utama ada di jalur tol Trans Jawa dan arteri. Diperkirakan, kepadatan arus lalu lintas akan terjadi di jalur ini. Pemerintah pun mengimbau, masyarakat yang ingin mudik disarankan mengambil waktu lebih awal, sebelum tanggal 28-30 April 2022.

Baca Juga: Persiapkan Mesin Mobil Sebelum Mudik, Perhatikan Bagian Ini

Jalan tol Trans Jawa (Foto: KO)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden Joko Widodo khawatir akan potensi kemacetan parah saat arus mudik. Budi Karya, dalam rapat terbatas dengan Jokowi, mengaku telah menginstruksikan agar melakukan perjalanan mudik lebih dari 23-25 April 2022.

"Pak Presiden khawatir. Kami disuruh simulasi, maka kita lakukan simulasi dengan berbagai rekayasa," jelas Budi. Mereka pun memprediksi, apabila tidak ada kesadaran masyarakat, 28-30 April akan terjadi kemacetan.

"Jadi jangan diharapkan bisa ke Semarang 6 atau 7 jam, bisa dua kali lipat," tegasnya. Budi melanjutkan, untuk mengantisipasi tingginya volume kendaraan, karena berangkat bersamaan, telah dilakukan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga: Perhatikan Beberapa Persiapan Mudik Pakai Sepeda Motor

Ada empat skenario, mulai dari ganjil-genap yang dilakukan secara bersamaan dengan one way, contraflow, dan melarang truk tiga sumbu melewati jalan tol.