POPULAR STORIES

Perjalanan Panjang Federal Oil Di Moto2 Hingga Masuk MotoGP

Perjalanan Panjang Federal Oil di Moto2 Hingga Masuk MotoGP Fabio Di Giannantonio (Foto: Federal Oil)

KabarOto.com - Federal Oil merupakan satu-satunya pabrikan oli asal Indonesia yang menjadi sponsor tim balap di kelas Moto2. Gresini adalah tim yang digandeng oleh pabrikan oli yang bermarkas di Banten ini. Setelah menanti cukup lama, tahun 2022 mendatang bersama Gresini Racing, Federal Oil masuk ke balapan motor kasta tertinggi yakni MotoGP.

Pembalap dalam negeri pun pernah mengambil bagian di dalam tim. Federal Oil memulai kerjasama dengan Gresini Racing pada tahun 2012, Gino Rea menjadi pembalap utamanya. Saat itu, berhasil meraih satu podium.

Baca juga: Federal Oil Satu-satunya Pelumas Indonesia Yang Dukung Tim Balap Di MotoGP

Doni Tata menjadi pembalap asal Indonesia yang bergabung dengan Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2). Meski tak mendapat podium, namun nama pembalap tersebut naik ke kelas balap internasional.

Tahun 2014, Xavier Simeon pembalap asl belgia bertarung untuk FOGM2, dan berhasil meraih satu podium. Tahun berikutnya, Simeon berhasil mendapat dua podium dengan satu kemenangan dan satu pole position.

Seteah Simeone, Sam Lowes pada 2016 pun digandeng. Lowes berhasil mencapai hasil gemilang dan membawa FOGM2 meraih enam podium dengan dua kemenangan. Lowes juga berhasil meraih lima pole position.

Sam Lowes pun naik ke MotoGP pada tehaun 2017 dan 2018. Posisinya diganti oleh Jorge Navarro. Di tahun ini, tim tidak berhasil meraih satu pun podium. Pembalap Indonesia lain yang di bawa untuk wildcard adalah Dimas Ekky Pratama, untuk gelaran seri Sepang, Malaysia.

Tahun 2019, Sam Lowes kembali ke FOGM2, namun kali ini tak mendulang sukses seperti seri-seri sebelumnya, baik itu pole position maupun podium. Di tahun 2020, FOGM2 memiliki dua pembalap, Nicolo Bulega dan Edgar Pons.

Duet kedua pembalap belum bisa memberikan podium. Tahun 2021, Bulega mendapat rekan tim baru, Fabio di Giannantonio. Diggia sapaan akrabnya meraih dua podium dengan satu kemenangan.

Tim federal Oil Gresini Moto2 (Foto: Federal Oil)

Tahun 2022 mendatang, Federal Oil hadir di MotoGP dengan dua pembalapnya, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio, siap bertarung dan berjuang dengan hati, menjadi yang terbaik.

Patrick Adhiatmadja, Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, saat bincang virtual dengan media, belum lama ini menuturkan, di awal livery motornya berwarna putih.

Baca juga: Pembalap Federal Oil Tutup Musim Moto2 2021 Dengan Podium 2

Namun seiring berjalannya balapan, tim ini menemukan identitas dengan warna motor merah dan putih mendominasi. Karena perusahaan yang bangga dengan Indonesia. "Kita ini perusahaan Indonesia, kita bangga dengan Indonesia," terangnya. Mereka pun memita izin pada Gresini Racing, untuk menggunakan tema merah putih.