Perjalanan SUV Chevrolet Dari Masa Ke Masa

Perjalanan SUV Chevrolet dari Masa ke Masa Chevrolet Trailblazer (ist)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Chevrolet, saat ini kita kenal dengan produk SUV-nya. Ternyata, perjalanan model SUV Chevrolet sudah dimulai lebih dari 80 tahun yang lalu.

Saat ini, KabarOto akan mengulas sedikit perjalan model sport utility vehicles Chevrolet dari masa ke masa. Model SUV sendiri saat ini terus berkembang pesat, dan menjadi salah satu jenis mobil paling populer di dunia.

Chevrolet Suburban Carryall

Pada tahun 1935 Chevrolet memulai sejarah SUV-nya, dengan memperkenalkan Suburban Carryall, sebuah kendaraan berkapasitas delapan penumpang yang dibangun dengan kerangka kendaraan jenis truk.

"Walaupun istilah SUV belum banyak digunakan hingga tahun 1980-an, Chevrolet Suburban Carryall memiliki ciri khas di segmennya, antara lain memiliki dua kabin yang memanjang, kursi tiga baris, serta jendela di setiap sisi mobil," tulis Yuniadi Haksono Hartono, GM Indonesia – Chevrolet External Affairs & PR Director.

Baca juga: Hasilkan Kursi Nyaman, Chevrolet Gunakan Alat Canggih Bernama Oscar

Hingga saat ini Chevrolet Suburban masih diproduksi, yang menjadikan nama model tersebut sebagai nama yang paling lama digunakan dalam industri otomotif dan turut mempopulerkan model SUV Chevrolet lainnya di seluruh dunia.

SUV kedua yang selanjutnya diperkenalkan oleh Chevrolet adalah K5 Blazer. SUV seri ini adalah yang pertama kali menggunakan nama Blazer dan menekankan kesan sporty. Diluncurkan pada tahun 1969, K5 memiliki jarak sumbu roda lebih pendek dibandingkan dengan Suburban.

Perjalanan SUV Chevrolet dari masa ke masa

Bagian atasnya dapat dilepas untuk membuatnya menjadi konvertibel. "Dengan menggabungkan kemampuan off-road dengan fitur-fitur mewah saat itu, K5 menjadi inspirasi bagi generasi penggemar kegiatan outdoor lifestyle untuk menikmati petualangan di berbagai medan off-road," jelas Yuniadi dalam keterangan resminya.

K5 adalah salah satu kendaraan pertama di industri otomotif yang digambarkan sebagai "sport utility vehicle" dalam dunia periklanan dan menjadikan sebuah kesuksesan besar bagi Chevrolet.

Chevrolet K5 Blazer

Pada tahun 1982, Chevrolet memperkenalkan sebuah model baru, S-10 Blazer (atau Blazer) – salah satu SUV kompak pertama di industri ini dan kerap mendapatkan pujian. Pada tahun 1995, model ini memenangkan penghargaan Truck of the Year yang diselenggarakan oleh Motor Trend.