POPULAR STORIES

Kunci Kontak Mobil Mulai Dari Engkol Hingga Digital

Kunci Kontak Mobil Mulai dari Engkol hingga Digital foto:www.blog.caranddriver.com

KabarOto.com - Ukurannya kecil, tapi tanpa benda ini mobil tidak bisa hidup. Itulah kunci kontak mobil yang sering abai meletakkannya. Bahkan, tak jarang pintu terkunci padahal kunci masih menempel di lubang starter. Akhir abad 19 hingga awal abad 20, jika ingin menghidupkan mobil harus membutuhkan tenaga ekstra.

Saat itu, untuk menghidupkan mesin mobil harus menggunakan pipa besi berbentuk huruf Z yang biasa disebut engkol. Benda ini dimasukkan ke lubang engkol kemudian diputar sekuat tenaga.

Putaran tersebut akan menggerakkan piston sehingga generator dapat menghasil api guna menghidupkan mesin mobil.

Baca Juga:

Kemudian seiring perkembangan teknologi, mesin mobil yang menjadi besar, cara engkol pun tidak dipakai lagi. Pabrikan mobil Ford kemudian menciptakan electric starter menggunakan tombol, namun ini juga kurang aman karena mobil bisa dihidupkan orang iseng ketika sedang diparkir. Sampai Henry Ford sendiri menggunakan rantai untuk mengikat mobilnya.

Thun 1949, Chrysler kemudian menyempurnakan sistem starter dengan anak kunci. Ini merupakan kunci modern pertama yang diciptakan dan digunakan untuk menghidupkan mobil.

Hilangnya Anak Kunci

Fungsi anak kunci mobi menjadi lebih kompleks saat digabungkan dengan peranti keamanan. Selama puluhan tahun kunci mobil hanyalah sekadar benda besi yang hanya berguna untuk menyalakan mesin.

Era 1980-an dapat disaksikan mobil tanpa anak kunci. Anda bisa masuk ke mobil yang terkunci, hanya dengan menekan tombol. Ford dengan merek-merek yang ada di bawahnya menjadi pionir teknologi ini, dengan cara yang cukup unik.

Pengemudi disediakan semacam keypad untuk memasukkan kode yang sudah ditentukan. Keypad ini terletak di atas handle pintu bagian pengemudi.

Foto:www.google.com

Masih cukup merepotkan memang. Karena itu, Renault melakukan terobosan dengan menempelkan transmiter di sekitar anak kunci. Renault Fuego adalah mobi pertama yang menggunakan sistem tersebut di tahun 1982. Sejak itu, anak kunci murni hanya untuk menghidupkan mobil, dan inilah yang disebut sebagai keyless entry.

Hingga pertengahan 1990-an, pabrikan mobil mulai merevolusi kunci. Dari yang tadinya bergerigi seperti kunci rumah, kini berubah menjadi batang halus yang di dalamya tertanam micro chip yang akan mengaktifkan serangkaian kode keamanan saat dicolok ke rumahnya.

Dengan metode ini, jika terjadi pengunaan kunci yang bukan semestinya (pencurian) maka mobil tidak akan bisa dihidupkan.

Selepas kunci digital tersebut, perkembangan teknologi anak kunci menjadi lebih cepat. Meski sebagian masih mengandalkan kunci dengan immobilizer, dengan alasan ekonomis, namun pabrikan lain mulai menggunakan apa yang dinamakan teknologi keyless, atau smart entry, atau apa pun namanya.

Yang jelas anak kunci kini tidak perlu dicolok ke rumahnya. Cukup mengantongi sebuah kotak yang akan memancarkan frekuensi yang cocok dengan mobil, Anda bisa masuk, menghidupkan mesin, dan segera berangkat.

Kunci Digital

Foto:www.bmwblog.com

Seiring berjalannya waktu, teknologi digital pun semakin berkuasa. Kunci mobil pun tidak bisa lepas dari kekuasaan digital. Bentuknya pun kini beragam dan seperti dibilang tadi, bisa membuat Anda takjub.

Ada banyak contohnya, tapi kami ambilkan yang paling menarik. Seperti milik BMW 7-Series dan i8 terbaru misalnya. Dengan layar LED yang terpasang di kunci, Anda bisa melihat sisa bahan bakar, jarak tempuh, dan sebagainya. Bahkan saat Anda berada di luar mobil.

foto:www.astonmartins.duckdns.org

Aston Martin juga memiliki kunci dengan bentuk yang tidak kalah menarik. Pertama inilah kunci mobil yang terbuat dari bahan safir anti-gores. Logo Aston Martin bisa dilihat melalu bagian transparan di bagian atas kunci. Yang menarik, begitu kunci ini masuk ke rumahnya, tekan lebih dalam dan, wow! Mesin akan menyala. Pabrikan Inggris ini menyebutnya sebagai Emotional Control Unit.

foto:www.google.com

Lain lagi dengan yang dilakukan oleh pabrikan mobil listrik, Tesla, melalui Tesla Model S yang menjadi andalannya. Bentuk kuncinya adalah miniatur mobilnya tanpa ada tombol. Namun untuk membuka pintu, berikan tekanan pada bagian pintu yang ingin Anda buka di kunci tadi, dan pintu yang dimaksud akan terbuka.

*Diolah dari berbagai sumber