Perkenalkan, Ini Adalah Aptera Kendaraan Canggih Bertenaga Matahari

Perkenalkan, Ini Adalah Aptera Kendaraan Canggih Bertenaga Matahari

KabarOto.com - Kendaraan listrik akhir-akhir ini menjadi sesuatu yang populer. Berbagai perusahaan otomotif di dunia, turut serta membuat kendaraan elektrik ini. Baik perusahaan-perusahaan besar seperti Toyota, Honda, Lotus, Porsche dan sebagainya. Hingga perusahaan-perusahaan otomotif baru, salah satunya adalah Aptera.

Perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat ini, juga turut serta dalam pasar mobil elektrik. Secara tampilan, kendaraan listrik dari Aptera ini hadir dengan bentuk yang unik, tidak seperti mobil listrik pada umumnya.

Namun, bentuk unik ini bukan tanpa sebab, melainkan Aptera menginginkan tingkat aerodinamika yang tinggi. Aptera mengklaim kendaraannya memiliki tingkat aerodinamika 13 kali lebih tinggi dibanding sebuah truk atau pikap, serta 3 kali lebih tinggi dari sebuah sedan. Tingkat aerodinamika yang tinggi ini akan menciptakan konsumsi energi yang lebih efisien.

Baca juga: Mobil Listrik Komersial Peugeot E-Expert Kini ada 2 Pilihan Baterai

Desain aerodinamis ini terlihat di berbagai bagian kendaraan ini. Seperti misalnya bagian moncong, yang menggunakan bentuk pipih. Pada bagian depannya juga dilengkapi dengan aksen lampu berbentuk seperti huruf U. Bagian kaca depan mobil ini juga terlihat lebar dan landai untuk menunjang aerodinamika.

Ke bagian samping mobil ini. Bagian sampingnya terlihat unik serta aerodinamis. Mobil ini juga hadir dengan sistem pintu model gunting.

Mobil ini hadir dengan dua roda depan dan sebuah roda belakang. Roda depan mobil ini ditutup semacam sepatbor berdesain aerodinamis, sementara roda belakangnya tersembunyi di bagian belakangnya.

Bagian belakangnya juga terlihat unik karena berbentuk lebih pipih dari bagian depannya. Bagian lampu belakang berbentuk mobil ini juga menggunakan model sipit.

Bagian interiornya juga menggunakan desain futuristis, mobil ini hadir dengan setir berbentuk kotak. Bentuk dasbornya juga minimalis, tidak banyak aksen di bagian dasbor. Hanya terdapat dua layar di ujung yang berfungsi sebagai spion. Juga sebuah layar yang berada di konsol tengah, bagian joknya juga menggunakan model sporty. Namun Interior mobil ini juga hanya dirancang untuk 2 orang saja.

Nah, yang paling unik dari mobil ini adalah sistem motor elektriknya. Aptera mengklaim, kendaraan elektrik ini, tidak memerlukan pengisian daya listrik konvensional. Hal tersebut karena sistem pengisian daya yang unik. Kendaraan ini menggunakan sistem pengisian daya, yang terintegrasi dengan panel surya, terletak di bagian atap kendaraan ini.

Baca juga: Lunaz Berencana Garap Mobil Klasik Bermesin Listrik

Sistem pengisian daya ini juga canggih. Melansir TopGear Kendaraan ini dapat menempuh jarak sejauh 1.609 km dalam sekali pengisian daya. Yang dapat dilakukan melalui panel suryanya, panel surya ini juga dapat menyediakan energi untuk menempuh jarak 17.702 km per tahunnya. Bahkan, jika mobil ini tidak digunakan sampai 17.702 km ada sisa tenaga listrik yang dapat disalurkan ke perabot listrik.

Meskipun sistem pengisian daya melalui tenaga suryanya sangat canggih. Bukan berarti mobil ini tidak dapat di isi dayanya, menggunakan charger listik pada umumnya. Mobil ini tetap dapat diisi dayanya menggunakan charger biasa. Namun hal tersebut diklaim tidak terlalu perlu. Karena tenaga dari panel surya sudah cukup. Kecuali mobil ini berada di tempat yang kurang cahaya matahari. Baru di isi daya dengan charger.

Sayangnya, mobil ini masih berupa konsep dan sedang dikembangkan. Pengembangannya dimulai tahun ini, dan Aptera menargetkan prototype mobil ini rampung pada 2020, kemudian muncul versi produksi masalnya.

Sayangnya harga mobil ini belum pasti. Aptera menargetkan harga mobil ini di angka USD 36.000 hingga USD 59.000. Atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 510 juta sampai Rp 836 juta.

Bagaimana? Tertarik menggunakan kendaraan unik ini? (Gregorius Nikolaus.P)