POPULAR STORIES

Lunaz Berencana Garap Mobil Klasik Bermesin Listrik

Lunaz Berencana Garap Mobil Klasik Bermesin Listrik

KabarOto.com – Lunaz sebagai salah satu start-up asal Inggris tengah mengumpulkan insinyur brand mobil mewah dari Aston Martin, Ferrari, Jaguar, McLaren, Volkswagen hingga Formula 1 untuk menghidupkan kembali mobil klasik dengan membekalinya mesin listrik.

Proyek ini dipimpin oleh mantan Direktur Teknis Renault F1, Jon Hilton-Lunaz yang berencana untuk menghidupkan kembali mobil klasik Inggris dengan mengganti mesin bensin yang dipasangnya dengan powertrain listrik dan memasang sejumlah teknologi baru.

Baca juga: Rolls-Royce Cullinan Black Badge, Menyapa Orang Superkaya

"Kami berencana untuk menghidupkan kembali mobil klasik Inggris yang mengasyikkan. Kami akan menggantikan mesin berbahan bakar minyak dengan powertrain listrik dan sejumlah teknologi baru," kata Direktur Teknis Renault F1 Jon Hilton yang mempimpin pengembangan mobil klasik listrik.

Sementara David Lorenz selaku Co-Founder ingin mobil klasik merupakan mobil harian yang nyaman digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Saya ingin mobil seperti Jaguar 1953 menjadi sopir harian saya, Lunaz mengambil sejarah yang kita semua cintai dan memberinya masa depan yang cerah. Kami berinovasi untuk menciptakan mobil yang dapat digunakan, dinamis, dan berdiri sebagai klasik pembalap utama,” ucapnya.

Proses untuk merubah mobil klasik menjadi powertrain listrik dimulai dengan melakukan inspeksi menyeluruh dan pembaruan. Selanjutnya, mobil yang telah diperbarui akan dilengkapi dengan mesin listrik yang dikembangkan sendiri, rem cakram, suspensi, dan sistem kemudi yang diperbarui, serta sistem throttle-by-wire.

Sementara beberapa komponen asli, seperti tutup pengisi bahan bakar namun sudah dikonversi untuk powertrain listrik. Semua mobil yang digarapan ini telah memiliki kontrol traksi, kontrol jelajah, dan dukungan pengisian daya cepat DC.

Mobil juga akan mendapatkan teknologi baru seperti AC, pemanas elektronik, dan sistem hiburan dengan navigasi satelit dan Wi-Fi hotspot. Selanjutnya, Lunaz yang bermarkas di Silverstone, Inggris akan menguji setiap kendaraan yang digarapnya.

Baca juga: Jaguar XK120 FHC, Tersimpan 50 Tahun di Gudang

Salah satunya adalah Jaguar XK 120 keluaran tahun 1953, mobil ini telah digarap sehingga dibekali dengan 2 motor listrik yang ditenagai dengan baterai 80 kWh, kedua motor listrik ini sanggup menghasilkan tenaga gabungan sebesar 375 dk dan torsi 700 Nm.

Mobil lainnya yang sedang dipersiapkan untuk peluncuran pasar yaitu Rolls-Royce Phantom V keluaran tahun 1961 dengan baterai 120 kWh dan Rolls-Royce Cloud keluaran tahun 1956.

Bagi konsumen yang ingin memiliki salah satu mobil klasik bermesin listrik hasil garapan Lunaz maka konsumen perlu merogoh kocek minimal EUR 350.000 atau sekitar Rp 5,4 miliaran. Bagaimana, tertarik untuk memiliki salah satu mobil klasik bersemin listri ini? (Nora Dian Pratama)