POPULAR STORIES

Permintaan Servis Dan Suku Cadang Suzuki Meningkat Selama Pandemik Covid-19

Permintaan Servis dan Suku Cadang Suzuki Meningkat Selama Pandemik Covid-19 Bengkel Suzuki

KabarOto.com - Platform digital mendadak banyak digunakan oleh seluruh industri untuk memasarkan produk-produknya selama Pandemik Covid-19. Termasuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang turut mengoptimalkan pelayanan lewat platform digital seperti Call Center Halo Suzuki (0800 1100 800), SERA (Suzuki Emergency Road Assistance), serta digitalisasi lewat aplikasi MySuzuki dan website resmi.

Tahun 2020 lalu kinerja bengkel Suzuki mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 lalu. Hariadi, Service Asst. to Dept. Head PT SIS mengatakan, permintaan servis Suzuki meningkat ketika pandemik Covid-19.

Baca juga: Ekspor Suzuki Meningkat 34 Persen, Dikirim Ke 52 Negara Di Dunia

Hal itu menurut dia, dikarenakan banyak kendaraan lama tidak digunakan. Dan saat akan dipakai harus di servis terlebih dahulu, agar tidak terjadi masalah saat digunakan. "Peningkatan permintaan servis juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan dengan platform digital," terangnya, di Garuda Room, ICE BSD City, Tangerang, Jum'at (20/11).

Suzuki mencatat, saat ini telah memiliki 462 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka telah menservis 1.041.571 unit intake, 770.985 mobil di total 234 bengkel dan 270.568 sepeda motor di total 228 bengkel.

Dari total unit mobil tersebut, 39% masuk ke dalam kategori perbaikan ringan, 60% masuk ke dalam kategori perbaikan menengah, dan 2% masuk ke dalam kategori perbaikan berat.

Selain servis, pembelian suku cadang juga dioptimalkan melalui aplikasi MySuzuki. Pemilik kendaraan merek 'S' dapat membeli suku cadang asli, untuk mesin, transmisi, kelistrikan, suspensi, bodi, pembelian oli dan chemical.

Terjadi peningkatan sebesar 33% dalam penjualan suku cadang mobil dan sepeda motor Suzuki Genuine Parts dan Suzuki Genuine Oil. KOnsumen yang melakukan pemesanan suku cadang melalui aplikasi tersebut, bisa dikirim langsung atau diambil dari diler terdekat.

Saat ini, diler-diler yang melayani pengiriman suku cadang masih berada di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Namun Suzuki dapat melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan jaminan sistem 1 harga atau tidak ada perbedaan harga suku cadang dari Sabang sampai Merauke.

Dessy Karmilasari selaku Domestic Spareparts Sales Section Head PT SIS di tempat yang sama menuturkan, sepanjang tahun 2021, Suzuki mencatat transaksi melalui MySuzuki mengalami peningkatan sebesar 33%.

Baca juga: Andalkan Filosofi Ini, Suzuki Kembangkan Kendaraan Mild Hybrid Untuk Pasar Global

Tahun 2022, mereka mentargetkan penjualan suku cadang tumbuh 5–10% dibandingkan dengan tahun 2021. "Kami menjamin keamanan pelayanan dan transaksi melalui digitalisasi seperti pada aplikasi MySuzuk," terangnya. Dessy mengaku akan terus berkomitmen memberi kemudahan, keamanan, dan kenyamanan untuk konsumen.