POPULAR STORIES

Pertalite BBM Yang Paling Banyak Digunakan Saat Arus Mudik

Pertalite BBM yang Paling Banyak Digunakan Saat Arus Mudik Pertalite menjadi yang terlaris saat arus mudik 2022 (Foto: KO)

KabarOto.com - Posko Nasional ESDM Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 yang berlangsung sejak 25 April sampai 11 Mei 2022 resmi ditutup, Rabu (11/5) oleh Kepala BPH Migas, Erika Retnowati.

Selama pelaksanaan pemantauan, ketersedian energi dan kebencanaan geologi selama 17 hari berjalan lancar dan aman. Masyarakat baik yang mudik ke kampung halaman maupun balik ke kota tempat tinggal tidak mengalami kekurangan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Baca Juga: Harga Pertamax Naik, Amankah All New Honda Vario 160 Gunakan Pertalite?

“Alhamdullilah, selama 17 hari ketersediaan BBM cukup, tidak ada kendala berarti sehingga aktivitas mudik berjalan dengan aman dan lancar” ucapnya, dalam konferensi pers penutupan posko sektor ESDM di Jakarta (11/05/2022).

Pertalite jadi bahan bakar pengganti premium (Foto: KO)

Erika menambahkan, selama arus mudik, secara nasional gasoline mengalami peningkatan 26%, dengan kenaikkan penyaluran tertinggi yaitu pada tanggal 1 Mei 2022 (H-1 Idul Fitri) sebesar 36% terhadap sales normal. BBM Jenis RON 90 yaitu Pertalite menjadi yang paling banyak digunakan, penyaluran H-1 sebesar 46%.

Pada arus balik gasoline meningkat 12%, dengan kenaikkan penyaluran tertinggi yaitu pada tanggal 5 Mei 2022 (H+3 Idul Fitri) sebesar 29% terhadap sales normal.

Badan usaha retail sektor BBM terus memonitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM sepanjang arus mudik dan balik.

Dia menambahkan, upaya menjaga ketersediaan energi ini, tak lepas dari kerja sama dan kolaborasi dengan para stakeholder, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kepolisian, TNI, Jasa Marga dan lainnya.

Baca Juga: Pertalite Menjadi BBM Khusus Pengganti Premium

Sehingga pelayanan operasional untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat dan pemudik sepanjang arus mudik, arus balik, dan saat Hari Raya Idul Fitri 2022 berjalan dengan aman dan lancar.